Pencarian populer

All New BMW X5: Membawa Standar Baru SUV Perkotaan

The All New BMW X5 terbaru resmi mengaspal di Indonesia, Kamis (11/4). Foto: Muhammad Ikbal / kumparanOTO

The Boss is Back!

BMW merasa pantas menyematkan julukan itu pada model Sport Active Vehicle (SAV) mereka, X5. Model ini kini telah memasuki generasi keempat dan punya tempat yang cukup istimewa di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Product Planning Coordinator BMW Indonesia, Anindyanto Dwikumoro menjelaskan, X5 bisa dibilang sebagai model yang cukup bergengsi bagi mereka. “Mobil ini sukses membuka pasar SUV urban atau BMW menyebutnya SAV,” katanya saat berbincang dengan kumparan.

BMW X5 generasi keempat yang mengaspal ke Indonesia begitu istimewa. Karena di generasi ini, jenama Jerman ini merakitnya secara lokal di Sunter, Jakarta Utara. Dan sudah barang tentu, langkah ini membuat SUV bongsor lima-penumpang ini lebih kompetitif.

All new BMW X5 Foto: Gesit Prayogi/kumparan

Kalau boleh kumparan menyimpulkan, mobil ini mendapat peningkatan di beberapa aspek: Fungsionalitas, kenyamanan, dan teknologi.

Mari kita bicara soal fungsionalitasnya dulu. Sebagai SUV premium dan sudah barang tentu bakal lekat dengan aktivitas pemiliknya— menunjang mobilitas bisnis, kegiatan luar ruang, hingga menghadiri pesta.

Untuk yang satu ini, solusi all new BMW X5 hadir dengan kemampuan suspensi yang bisa naik-turun secara elektronik. Caranya, cukup menyapu layar kunci nan canggih, maka ketinggian ground clearance dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

The All New BMW X5 terbaru resmi mengaspal di Indonesia, Kamis (11/4). Foto: Muhammad Ikbal / kumparanOTO

“Akses keluar-masuk akan lebih mudah dengan fitur ini, apalagi dapat diatur di luar mobil,” paparnya.

Lalu beranjak ke bagian belakang. Di sini, ada peningkatan untuk buka-tutup bagasi. Semua bisa dioperasikan secara elektronik dan sudah dapat membaca gerakan kaki di bawah bumper belakang— kini mendapat peningkatan agar lebih sensitif.

Kemudian untuk lipatan pintu di bagian bawah bisa menopang bobot hingga seperempat ton. Yang otomatis, akan memberikan nilai lebih bagi pengendara yang suka beraktivitas di luar ruang: sekadar duduk menikmati pemandangan sembari bercengkrama bersama keluarga.

Soal kapasitas bagasinya sendiri, bisa menampung maksimum 1.860 liter dan tray atau pembatas bisa dilipat secara elektrik. Kemudian tersedia pula ruang di bagian bawah untuk memperluas area penyimpanan.

The All New BMW X5 terbaru resmi mengaspal di Indonesia, Kamis (11/4). Foto: Muhammad Ikbal / kumparanOTO

“Dengan kombinasi suspensi yang bisa direndahkan, tentu memudahkan pengguna ketika memasukkan atau mengeluarkan barang di bagasi,” paparnya.

Oke lanjut bicara kenyamanan. Tak ada kompromi untuk yang satu ini. Jok mendapat revisi agar mampu menopang tubuh pengendara dan penumpang. Sandaran tangan di area panel pintu dan konsol tengah depan dibuat lebih tinggi. Tujuannya satu, agar pengalaman commanding ketika berkendara.

Maklum, all new BMW X5 ini punya dimensi yang cukup bongsor. Meskipun, ketika kita mengendarainya langsung, semua langsung dalam kontrol.

Kesan lapang di kabin juga begitu terasa berkat panaromic glass roof-nya yang kini 30 persen lebih besar, dan Ambient Light dengan 11 kombinasi warna makin membuat betah berada di dalam all new BMW X5. BMW nampaknya juga tak lupa untuk urusan privasi, seluruh kaca sudah menggunakan jenis tinted—yang rasanya tak perlu lagi pasang kaca film agar area kabin tak terlihat jelas dari luar.

Kemudian, mengakses konten hiburan di kabin juga didukung penyematan BMW HiFi loudspeaker system dengan 10 speaker dan amplifier 205 W. Tak ketinggalan di kursi baris kedua, ditambahkan layar sentuh 10.2 inci yang angle-nya bisa disesuaikan. Dan yang tak kalah penting bisa mendukung BluRay dan HDMI.

Teknologi. Satu kata yang kini menjadi area perlombaan baru bagi para pabrikan premium. Ketika mobil tak cukup cuma sekadar kuat di jalan, tapi juga harus disuntik teknologi mutakhir agar menjadi paripurna.

All new BMW X5 Foto: Gesit Prayogi/kumparan

All new BMW X5 kini menggunakan lampu laser. Teorinya, dia akan memiliki kemampuan lebih baik untuk meningkatkan visibilitas. Aksen biru yang menandakan teknologi itu pun tersemat di dalam rumah lampu.

All new BMW X5 Foto: Gesit Prayogi/kumparan

Kemudian untuk double kidney grille-nya kini dibuat menyatu. Sementara kisi-kisi pada bilah grille akan terbuka bila ruang mesin memerlukan asupan udara yang lebih kaya.

Beberapa sensor juga bersemayam di beberapa titik eksterior all new BMW X5 untuk menunjang fungsi fitur keselamatan aktifnya.

Itu baru di luar, di dalam ubahan begitu terasa. Nuansa futuristik begitu kental. Panel-panel konvensional bertransformasi menjadi digital. Pun dengan panel instrumennya yang menggunakan basis layar 12,3 inci.

The All New BMW X5 terbaru resmi mengaspal di Indonesia, Kamis (11/4). Foto: Muhammad Ikbal / kumparanOTO

Kemudian untuk head unit sudah menganut BMW Operating System 7.0 sehingga memudahkan untuk urusan infotainment. Didukung gesture dan voice command membuat pengoperasian lebih mudah.

The All New BMW X5 terbaru resmi mengaspal di Indonesia, Kamis (11/4). Foto: Muhammad Ikbal / kumparanOTO

Menyoal jantung mekanis, all new BMW X5 xDrivve40i menggendong mesin 3,0 liter, VALVETRONIC fully variable valve timming, timing camshaft variabel Double-VANOS dan High Precision Direct Injection dengan tekanan maksimum 350 bar. Sedikit penyesuaian di balik kap membuatnya mampu menyemburkan 340 daya kuda pada 5.500 dan 6.500 rpm serta torsi 450 Nm yang bisa diraih pada 1.500 - 5.200 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan melalui transmisi Sport Steptronic 8-percepatan ke seluruh roda. Di atas kertas, mobil ini bisa melaju 0-100 km/jam dalam 5,5 detik.

Soal harga, all new BMW X5 dijual dengan banderol Rp 1.489.000.000 off the road.

Fitur keselamatan

  • Airbag driver and front passenger, curtain airbags, side airbags, knee airbag

  • Dynamic Stability Control (DCL), Traction Model (DTC), Anti-lock braking system (ABS) Cornering Brake Control (CBC)

Fitur keselamatan aktif

  • Lane Departure Warning, Lane Change Warning and Front Collision Warning dengan intervensi rem, Crossing Warning untuk mencegah tabrakan depan dan belakang

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53