Pencarian populer

Bedah Fitur Spoiler Aktif di BMW Seri 6 GT

BMW Seri 6 GT (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

BMW Group Indonesia punya Seri 6 GT yang meluncur pada akhir bulan Juli lalu. Model coupe yang lebih bertenaga dan punya fungsionalitas yang tinggi ini punya ragam fitur yang bisa memanjakan pemiliknya.

Salah satunya Active Rear Spoiler yang dapat aktif pada kecepatan tinggi secara otomatis atau sesuai kebutuhan saat dikemudikan.

Bila merujuk informasi laman resmi BMW, Active Rear Spoiler akan keluar pada bagian buritan apabila telah mencapai kecepatan 110 km/jam, selebihnya saat kecepatan mulai turun hingga menyentuh angka 70 km/jam, spoiler tersebut akan tersembunyi kembali.

Namun fitur tersebut juga dapat diaktifkan secara manual dengan menekan tombol yang berada pada konsol tengah.

Konsol tengah pada BMW Seri 6 GT (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

Instruktur berkendara dari BMW sekaligus pebalap nasional Gerry Nasution menjelaskan, Active Rear Spoiler tersebut sebaiknya tidak diaktifkan pada kecepatan yang rendah karena tidak memberikan dampak yang signifikan.

"Spoiler belakang itu sebenarnya berguna dan tidak berguna, dalam artian kalau berjalan pelan jelas tidak berguna sama sekali, makanya lebih baik dimasukkan supaya hambatan anginnya kecil, artinya beban kerja mesin lebih berkurang, secara teori lebih aerodinamis pada kecepatan rendah," jelasnya saat kumparanOTO temui di sela acara Bimmer Fest.

Active rear spoiler pada BMW Seri 6 GT (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)

Selanjutnya masih dijelaskan Gerry, spoiler tersebut akan lebih berguna memberikan gaya dorong ke bawah pada saat melaju pada kecepatan tinggi di roda belakang.

"Kalau dipakai pada kecepatan tinggi, perlu grip di roda belakang, nah makanya ada tambahan spoiler tersebut untuk menambah down force," tambah Gerry.

Menurutnya, saat melaju atau menikung pada kecepatan tinggi sambil memanfaatkan spoiler belakang akan membantu stabilitas kendaraan.

"Kalau menurut saya pribadi di atas 120 km per jam baru berasa manfaatnya, tapi kalau di bawah itu enggak terlalu, karena kalau mobil balap pasti pasang wing besar buat cornering jadi lebih stabil ada down force di belakang," imbuhnya lagi.

Seperti dijelaskan sebelumnya bila Active Rear Spoiler tersebut bisa diaktifkan secara manual. Caranya tekan tombol yang berada di konsol tengah selama satu detik dan tunggu lampu indiktornya berwarna hijau, yang mengindikasikan spoiler telah terbuka.

Lalu cara memasukan spoiler-nya lagi cukup tekan tombol tadi dan tahan, apabila warna hijaunya telah hilang, maka spoiler sudah benar-benar tidak bekerja lagi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: