Pencarian populer
Belum Ada Rencana Suntik Mati Yamaha Byson
Yamaha Byson (Foto: dok. YIMM)
Yamaha Byson menempati urutan paling buncit dalam peta persaingan motor sport naked 150 cc. Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), distribusi motor itu hanya 2 unit saja pada Januari 2018. Sebagai perbandingan Honda CB 150 R yang berada di puncak membukukan 6.357 unit.
"Untuk stok (Yamaha Byson) banyak, jadi sebenarnya selama ini enggak besar, paling mentok cuma 100 unit karena kami mau kurangin stok di diler,” kata Deputy General Manger PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Edy Ang saat dihubungi kumparanOTO.
Tergerus Skutik
Minimnya angka distribusi Yamaha tak lepas dari tren motor sport yang meredup. Saat ini konsumen lebih memiliki motor matik karena fungsi dan kepraktisannya.
"Ini juga karena shifting (pergantian selera pasar), banyak yang tipe touring larinya ke matik. Katakanlah punya Rp 25 juta, orang mau dapet gengsi dengan matik premium, membuat shifting-nya signifikan," tambah Eddy.
Meski pabrikan berlambang garputala ini sudah menghadirkan Xabre sebagai cadangan Byson kala pamornya meredup, eksistensi dan penjualannya juga terbilang kurang memuaskan dibanding Xabre yang ada di Thailand dengan nama M-Slaz yang sebenarnya rakitan Indonesia.
Belum Ada Opsi Discontinue
Kendati demikian, dengan catatan distribusi yang kecil atau minat masyarakat akan motor sport menipis, Eddy enggan menghapus Byson dari daftar produksi pabrik Yamaha di Pulo Gadung.
"Produksi kita (Yamaha Byson) itu kisaran 100 sampai 200 unit per bulan dan belum ada rencana discontinue juga," ungkap Eddy dengan santai.
Yamaha Byson yang diproyeksikan menemani penjualan Vixion sebelum pasar motor matik meledak. Soal harga pun masih lebih murah dari Vixion, Vixion dilabeli harga Rp 26-28,8 juta sementara Byson dibanderol Rp 22,9 juta, hanya saja Vixion tetap menjadi pilihan masyarakat ketimbang Byson.
Bicara dapur pacu, mesin 150 cc SOHC berpendingin udaranya Byson mampu mengeluarkan 12,8 daya kuda (dk) pada 8.000 rpm dan torsi 12,9 Nm-nya dicapai pada 6.000 rpm yang dikawinkan pada transmisi 5 percepatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: