Pencarian populer

Cerita Tentang Motor Emas yang Dibeli Jokowi

Elders Garage x Kickass Choppers (Foto: Dok. Elders Garage)

Sepeda motor baru Presiden Joko Widodo langsung menarik perhatian. Bukan saja karena berwarna emas berkilau, namun juga karena bentuknya yang mengusung model chopper yang biasanya identik dengan motor-motor besar (moge) seperti Harley Davidson.

Meski begitu nyatanya motor ini adalah produk modifikasi sebuah bengkel yang bernama Elders Garage. Mendapat kesempatan berbicara dengan Andrianka, salah satu pendiri bengkel modifikasi ini, kumparanOTO mendapat cerita menarik.

Disebutkan bahwa motor ini sendiri sebenarnya adalah karya pertama dari bengkel yang bermarkas di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini.

Menggunakan basis mesin dari sepeda motor Royal Enfield tahun 2016, Andrianka mengaku mulai membentuk chopper ini sekitar bulan Juli dan Agustus tahun 2017 kemarin. Berkolaborasi dengan Kick Ass Chopper, motor ini dikerjakan selama satu bulan.

Pengerjaan motor ini pun tidak mudah, Andrianka mengakui modifikasi pada frame cukup sulit, karena chooper memiliki mesin yang besar dan umumnya disematkan pada moge, sehingga ia perlu melakukan penyesuaian ukuran untuk postur orang Asia.

Loading Instagram...

Cerita berlanjut sampai ke hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor Oktober lalu. Turut hadir di acara tersebut bersama beberapa komunitas sepeda motor lokal, Elders Garage membawa serta dua karya mereka.

Jokowi yang penasaran kemudian menjajal motor modifikasi ini. Meski begitu motor yang dicoba Jokowi kala itu adalah yang berwarna hitam alias 'adik' dari si chopper emas.

Loading Instagram...

Motor chopper ini sendiri tidak langsung dibeli Jokowi saat itu. Menurut Andrianka beberapa hari setelah itu barulah ada staff kepresidenan yang menghubungi dia untuk menanyakan seputar motor ini.

Lalu kenapa motor ini baru akan 'dibawa pulang' oleh Pak Jokowi di awal tahun 2018 ini?

Rupanya Elders Garage meminjam motor ini untuk dipamerkan terlebih dahulu di ajang modifikasi tahunan 'Yokohama Hot Rod Custom Show' yang digelar pada 3 Desember 2017. Lalu karena harus mengurus pengiriman kembali ke Indonesia motor ini baru bisa datang awal tahun 2018 ini.

--

Meski tidak yakin mengapa Jokowi membeli motor custom, dia cukup yakin bahwa ini adalah motor modifikasi pertama yang dibeli Jokowi. Lalu, kenapa Jokowi kepincut dengan motor chopper?

"Motor Chopper lagi musim di akhir tahun kemarin sehingga masih banyak peminatnya," sebut dia menutup percakapan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20