Pencarian populer

Deretan Motor Bebek Terjangkau di Bawah Rp 16 Jutaan

Motor bebek Foto: Istimewa

Motor bebek belakangan kalah pamor dari motor lain berjenis matik. Bukannya tanpa sebab, namanya motor matik tentu menawarkan pengendaraan yang lebih mudah dan akomodasi yang lebih baik.

Tapi tunggu dulu, motor bebek tidak serta merta kehilangan peminatnya. Buktinya, beberapa pabrikan masih menjualnya, ya meskipun mereka mengamini kalau kontribusi penjualannya minim.

Nah, setidaknya ada 3 pilihan motor bebek yang sekiranya tidak menguras kantong. Terlebih umumnya pembeli motor bebek tidak terlalu neko-neko, yang artinya memang difungsikan sebagai tunggangan sehari-hari tanpa modifikasi.

Berikut pilihannya.

Yamaha Vega Force

Yamaha Vega Force. Foto: Istimewa

Pilihan pertama ada pada Yamaha Vega Force. Motor bebek yang simpel dan sederhana ini menariknya dikombinasikan dengan velg cast wheel atau racing jadi tidak terkesan lawas.

Sementara fiturnya pun tak banyak, bagasi jok berkapasitas 9,2 liter, rumah kunci dengan penutup, dan volume tangki 4 liter.

Soal dapur pacu, Yamaha mempersenjatainya dengan mesin injeksi 115 cc berpendingin udara SOHC yang bisa memuntahkan tenaga 8,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi maksimum 9,5 Nm pada 5.500 rpm melalui transmisi manual 4-percepatannya.

Kemudian bicara harga, pada laman resminya tertera Rp 16,060 juta yang terbagi atas 3 varian warna meliputi Flaming Red, Energetic White, dan Ellite Black.

Honda Revo

Honda Revo X. Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

Bila menyebut Yamaha, tidak afdol rasanya kalau tidak menyertakan Honda. Ya, pabrikan sayap mengepak ini juga menawarkan motor bebek yang multifungsi.

Pada katalognya, ada Honda Revo yang terbagi atas 3 varian. Revo Fit sebagai pilihan ekonomis yang masih pakai velg jari-jari, Revo CW, dan Revo X yang ada sedikit sentuhan kosmetika sporty.

Mengenai fitur pun juga tidak begitu banyak, sudah ada kunci model shuterred, bagasi 7 liter, dan tangki yang sanggup menenggak 4 liter bensin.

Menyoal jantung mekanis, Honda membekalinya dengan mesin injeksi 110 cc berpendingin udara, SOHC bertenaga 8,7 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 8,7 Nm pada 6.000 rpm. Transmisinya manual 4-percepatan.

Oh iya soal harga, Honda Revo Fit dibanderol Rp 14,268 juta, dan Revo CW serta Revo X sama-sama dihargai Rp 15,968 juta yang artinya tidak melebihi Rp 16 juta.

TVS Rockz

TVS Rockz Foto: dok. TVS Motor

Terakhir ada TVS Rockz yang terkenal dengan fitur andalannya berupa radio dan MP3 player. Tapi bukan itu saja unggulannya, bila dibandingkan dengan dua model sebelumnya, TVS Rockz punya kelebihan lain.

Sebut saja suspensi belakang dengan tabung yang bisa disetel tingkat keempukannya, tangki 4 liter, kapasitas bagasi 8,7 liter yang dilengkapi dengan lampu, power outlet pada dek tengah, serta kapasitas mesin yang lebih besar.

Sayangnya, sistem pengabutan yang diusung belum berteknologi injeksi, alias masih mengandalkan karburator. Dari data teknis, TVS menyematkan mesin 124,5 cc SOHC berpendingin udara yang sanggup memuntahkan tenaga 9,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,8 Nm pada 5.500 rpm.

Dan yang bikin menarik adalah transmisi manual 4-percepatannya berupa kopling ganda. Jadinya kalau mau menggunakan tuas kopling untuk perpindahan gigi bisa, tanpa kopling pun tak masalah.

Soal harga, motor bebek ini juga dilepas dengan banderol Rp 15,7 juta dengan 5 pilihan kombinasi warna.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57