Pencarian populer

Duel Motor Listrik GESITS dan Honda PCX di Panggung IIMS 2019

Motor Listrik GESITS Foto: Ghulam Nayazri/kumparan

Semangat melangkah ke era kendaran listrik, nampaknya belum didukung penuh pabrikan otomotif di dalam negeri. Ini tercermin dari penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, di mana penampakan sepeda motor listrik masih sangat minim.

Dari 17 merek sepeda motor yang mejeng di IIMS 2019, hanya ada dua model motor nyetrum, GESITS dan Honda PCX Listrik. Sementara sisanya masih mengedepankan produk konvensional.

Tentu ini cukup disayangkan, sebab Indonesia sedang dalam fase membangun semangat, buat masuk ke era baru industri otomotif ramah lingkungan.

Tak apalah, meski hanya dua paling ada wujud motor listrik yang bisa dilihat pengunjung pameran, entah untuk dibeli dan edukasi. Nah berikut sedikit informasi terkait dua motor listrik yang berani mejeng di IIMS 2019.

GESITS

Produk yang digadang-gadang sebagai skuter listrik nasional ini, merupakan hasil buah tangan anak negeri. Proyek ini pertama kali mengemuka di 2015, dan buah kerjasama antara Garansindo Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) .

Seluruh proses penelitian dan pengembangannya dilakukan di dalam negeri, hingga sampai pada tahap industrialisasi dan komersialisasi.

Motor Listrik GESITS Foto: Ghulam Nayazri/kumparan

Soal spesifikasi motor listrik GESITS menghasilkan tenaga puncak 5 kW atau 6,7 dk, ditopang baterai Lithium NCM berkapasitas hingga 3 kWh. Jarak yang mampu ditempuh per satu pengisian daya mencapai 100 kilometer.

Sementara waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam. Kemampuan akselerasinya 0-50 km/jam bisa dicapai dalam waktu 5 detik. Kecepatan maksimalnya di angka 70 km/jam. Kemampuannya itu, bisa disetarakan dengan skutik 125 cc.

GEISTS sudah resmi bisa dibeli, harganya Rp 24.950.000 (Off The Road). Namun buat pemesanan di IIMS 2019 akan mendapatkan harga launching yaitu Rp 23.500.000 (Off The Road).

Honda PCX Listrik

Skuter listrik berdarah Jepang ini, sudah diperkenalkan pada 31 Januari 2019 lalu di Jakarta. Namun, berbeda dengan GESITS, PCX Listrik belum dijual di pasaran Indonesia.

PT Astra Honda Motor (AHM) baru menyodorkan skema sewa saja, buat yang berminat menggunakan produknya tersebut, seperti misalnya untuk operasional perusahaan. Periode sewanya sendiri 2-3 tahun, dengan biaya Rp 2 juta per bulannya.

Honda PCX Listrik Foto: Ghulam Nayazri/kumparanOTO

Skuter listrik Honda ini menyimpan dua baterai berbasis lithium-ion yang masing-masing berkapasitas 50,4 V/20,8 Ah. Melalui PCX Listrik, Honda memperkenalkan Mobile Power Pack, yakni paket baterai motor listrik yang memungkinkan di-swap.

Selain itu, Honda juga punya on board charger yang bisa mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 6 jam dan off board charger. Lalu motor listriknya menjanjikan tenaga 5,7 PS (5,6 daya kuda) pada 5.500 rpm dan torsi 18 Nm pada 500 rpm.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63