Pencarian populer

Hasil Uji Tabrak Toyota C-HR: Bintang 5 dengan Angka Hampir Sempurna

Toyota C-HR (Foto: dok. TAM)

Toyota C-HR menjawab kritik. Disebut-sebut harganya kelewat mahal, jenama Jepang ini menunjukan kalau produknya punya kualitas.

(kumparanOTO juga sempat menjajal performa mobil ini yang bisa kamu baca di 'Membongkar Toyota C-HR: Harga hingga Platform TNGA')

Hal ini dibuktikan setidaknya jika kita bicara tentang fitur keamanan. Menjadi unit teranyar yang menjalani uji tabrak dari New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP), badan yang memberi penilaian terait tingkat keamanan kendaraan yang diniagakan di ASEAN, Toyota C-HR menujukan kelasnya.

Produk crossover yang memadukan desain coupe dengan sport-utility vehicle (SUV) ini mencatatkan bintang lima dengan angka yang hampir sempurna, 91,31 poin. Angka ini sendiri menjadikan Toyota C-HR menjadi salah satu produk dengan nilai uji tabrak tertinggi --versi ASEAN NCAP-- sejauh ini.

Pengujian sendiri dilakukan pada kendaraan yang diproduksi tahun 2018 di Thailand dengan varian 1.8 Mid --sama dengan model yang saat ini ada di Indonesia.

Nilai uji tabrak Toyota C-HR ini jika dijabarkan terdiri dari Adult Occupant Protection (AOP alias perlindungan penumpang dewasa) sebesar 49.72 poin dari maksimal 50 poin, Child Occupant Protection (COP alias perlindungan penumpang anak) 20,86 poin dari maksimal 25 poin, dan Safety Assist Technology (SAT alias fitur pendukung keselamatan) yang mendapat 20,73 poin dari maksimal 25 poin.

Angka fantastis ini tidak bisa dilepaskan dari piranti keselamatan yang dilengkapi pada mobil ini. Mulai dari 7 SRS Airbags (D+P+S+CSA+D-Knee), Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC) hingga Traction Control, dan Auto-Brake-Hold ada di mobil ini.

Selain itu ada juga fitur Blind Spot Monitoring --yang dipadukan dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA)-- yang dapat memberi peringatan pada pengemudi jika ada kendaraan yang masuk di titik buta. Secara khusus ASEAN NCAP juga mengujikan dan menggarisbawahi performa fitur ini dan menyatakan fungsinya berjalan dengan sangat baik pada Toyota C-HR.

Unggul atas produk lain

Melalui nilai yang sangat baik ini, C-HR sejauh ini menjadi produk dari Toyota dengan nilai uji tabrak terbaik dari ASEAN NCAP. Sebelumnya all new Toyota Rush juga sempat mendapat bintang lima bersama dengan Yaris dan Vios namun dengan poin rata-rata 80-an.

Sedangkan dibandignkan dengan produk lain, sampai sejauh ini hanya Hyundai Ioniq Hybrid --yang belum ada di pasar Indonesia-- yang mencatatkan angka uji tabrak lebih baik ketimbang Toyota C-HR degnan angka 91,98 poin. Namun jika dibandungkan dengan produk lain yang ada di Indonesia seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga, Toyota C-HR jauh lebih unggul.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: