Pencarian populer

Hyundai Kona Laku 48 Unit di IIMS 2019

Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Hyundai Kona jadi amunisi baru jenama Korea Selatan di Indonesia. Mengambil momentum Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, SUV crossover teranyarnya itu resmi dibuka selubungnya dan ditawarkan satu model saja.

Walaupun bermain di segmen yang kecil, tidak menyurutkan minat konsumen akan model kompatriot Mazda CX-3, Mitsubishi Outlander Sport, maupun Honda HR-V 1.8L ini.

Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Deputi Direktur Pemasaran PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja mengungkapkan, penerimaannya selama perhelatan IIMS 2019 positif, meski belum mencapai target jualan yang direncanakan.

"Hyundai Kona di IIMS kemarin kami 11 hari perolehannya 48 unit, kalau dibilang sesuai target mungkin relatif ya," ungkap Hendrik saat dihubungi kumparan, Rabu (8/5).

Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

"Memang target per bulan 50 unit, jadi starting Mei sampai Desember kira-kira 8 bulan targetnya 400 unit, maka dirata-ratakan 50 unit per bulannya," tambahnya.

Jelas hendrik, HMI mampu mencapai target tersebut karena Hyundai Kona tawarkan diferensiasi yang tidak dimiliki rivalnya. Mulai dari tampang desain yang punya bahasa desain seperti Santa Fe, juga untuk fitur, mobil yang didatangkan langsung dari Korea Selatan ini bisa diadu dengan merek lain.

Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

"Sebenarnya kalau bicara segmen sangat luas, namun spesifiknya usia muda baru memiliki SIM sampai 40 tahunan. Jadi kalaupun berusia 40 masih berjiwa muda karena tampilannya unik dan berani, tidak seperti SUV lain, Hyundai Kona punya ciri khas list warna interior merah dan hijau menyala," timpalnya.

Ya benar saja, pertama kali melihatnya, Kona punya desain sporty yang begitu kental berkat penyematan over fender. Sisi modernnya juga terpancar lewat desain lampunya, apalagi saat menyala, lampu belakangnya terlihat cantik.

Desain lampu belakang Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Terlebih saat menjangkau interiornya, meskipun desainnya simpel dan minimalis, aura anak mudanya begitu terasa, persis apa yang disampaikan Hendrik. Desainnya tidak monoton, ada ornamen dengan kelir menyala, yang bikin warna interior hitamnya itu ada efek balapnya.

Desain jok dan interior Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Sebagai piranti hiburan, sudah ada head unit layar sentuh 9 inci yang bentuknya seperti mobil premium, dan sudah support sistem operasi iOS maupun Android.

Head unit Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Lanjut ke dapur pacunya, di balik bonet-nya itu tersematkan mesin 2.000 cc berkonfigurasi 4-silinder segaris. Di atas kertas, mesinnya ini menjanjikan tenaga 147 dk pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 180 Nm yang dicapai pada 4.500 rpm.

Desain lampu depan Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Besaran dayanya itu disalurkan pada penggerak roda depan melalui transmisi otomatik Shiftronic 6-percepatan, yang bisa dimainkan secara manual lewat tuas transmisinya, juga dapat diatur modus berkendaranya: Comfort, Eco, Sport pada tombol yang ada pada cluster transmisi.

Cluster tuas transmisi Hyundai Kona Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Mengenai harga, Hyundai Kona diniagakan dengan label Rp 363,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Adapun pengiriman unitnya dimulai pada bulan Mei ini khusus konsumen yang memesannya di IIMS 2019.

Fitur keselamatan

  • - 6 airbags, emergency stop signal (ESS), tire pressure monitoring system (TPMS), kamera belakang, dan Rear Parking Distance Warning.

Fitur keselamatan aktif

  • Anti-lock Braking System (ABS)

  • Downhill Brake Control (DBC)

  • Hill Start Assist (HSA)

  • Electronic Stability Control (ESC)

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57