kumparan
1 Sep 2019 18:31 WIB

Ini Istimewanya Motor Kustom Tracker dan Bobber

Yamaha Scorpio Bobber Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Ajang tahunan Otobursa Tumplek Blek kembali digelar. Tahun ini bertempat di Parkir Timur Senayan, Jakarta pada 31 Agustus hingga 1 September 2019. Mengusung tema ‘Cross Green’ event ini menyajikan berbagai kegiatan, seperti test ride & drive merek sepeda motor dan mobil, freestyle motor, penjualan suku cadang, kumpul komunitas, sampai pameran dan penjualan motor kustom.
ADVERTISEMENT
Menariknya, di acara tahunan ini ada salah satu booth modifikator motor, yakni Motopits Garage yang bukan hanya memamerkan hasil karyanya tetapi juga menjual beberapa motor hasil garapannya.
Ada dua unit yang berstatus ‘for sale’, yakni Yamaha Scorpio beraliran Tracker dan Bobber.
“Khusus dua motor tersebut kami jual buat pengunjung yang datang ke Tumplek-blek. Surat-surat lengkap mulai dari STNK, BPKB sampai pajaknya hidup semua,” ucap Dimas Susilo, Crew dari Motopits Garage saat berbincang dengan kumparan, Minggu (1/9).
Yamaha Scorpio ‘Tracker’
Yamaha Scorpio Tracker Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Yang satu ini diambil dari basic Yamaha Scorpio lansiran 2006. Ubahannya bisa dibilang hampir 90 persen. Mulai dari sasis, tangki, jok, dan kaki-kaki.
Sasisnya masih mengandalkan bawaan standar, hanya saja ada ubahan dan kustomisasi di bagian belakang sasis. Menurut Dimas, langkah ini diambil agar tampilan dan nuansa Tracker-nya bisa hidup.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pemotongan sasis di bagian belakang juga untuk menyesuaikan bentuk jok dan pengaplikasian suspensi belakang yang kini dibuat menjadi doubleshock.
Yamaha Scorpio Tracker Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selanjutnya, suspensi depan mengandalkan dari Yamaha Byson dengan diamater 41 mm. Sementara untuk lengan ayun mengandalkan produk aftermarket. Urusan velg, pada bagian depan dan belakang mengandalkan velg jari-jari ring 17.
Agar motor lebih gahar saat dikendarai, ada ubahan dibagian Camshaft dan karburator. Sementara urusan biaya, ini dibanderol Rp 40 juta dan bisa dinego sesuai part yang dipakai.
Detail part modifikasi: Suspensi depan: Yamaha Byson Suspensi belakang: aftermarket Swing arm: aftermarket Knalpot: aftermarket Jok: custom by MotorPits Tangki: aftermarket Lampu depan: Daymaker Lampu belakang: aftermarket Lampu sein: aftermarket Velg depan: TK Racing (R17 3.5”) Velg belakang: TK Racing (R17 4.5”) Setang: Rizoma Handle rem & kopling: Brembo Airbrush: Custom by Motopits Ban depan belakang: Pirelli Karburator: PE 28 reamer 30
ADVERTISEMENT
Yamaha Scorpio ‘Bobber’
Yamaha Scorpio Bobber Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Terakhir, masih dari basic yang sama, yakni Yamaha Scorpio lansiran 2011. Menurut Dimas, motor ini lebih mengarah ke aliran Bobber, meskipun ia menjelaskan bahwa ada perpaduan dengan jenis motor aliran Chooper.
Ubahannya terlihat lebih ekstrem. Sasisnya harus dipotong dari bagian tengah hingga belakang guna menyesuaikan posisi jok yang rendah ala motor Bobber.
Yamaha Scorpio Bobber Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Selain itu, ukuran lengan ayun pun sedikit diperpanjang. Untuk menambah kesan gahar, motor tersebut dibalut dengan desain warna airbursh bermotif api.
Adapun pada bagian knalpot, MotorPit Garage mengaplikasikan dengan produk aftermarket yang menyesuaikan dengan bentuk motor. Urusan kaki-kaki, motor ini juga mengandalkan suspensi depan dari Yamaha Byson.
Sementara untuk ukuran velg depan memakai ring 21 dan ring 17 pada bagian belakang. Motor ini dilego Rp 35 juta.
ADVERTISEMENT
Detail part modifikasi: Suspensi depan: Yamaha Byson Suspensi belakang: aftermarket Swing arm: aftermarket Knalpot: aftermarket Jok: custom by Motopits Tangki: aftermarket Lampu depan & bekang: aftermarket Lampu sein: aftermarket Velg depan: aftermarket (R21) Velg belakang: aftermarket (R17) Setang: Custom by Motopits Airbrush: Custom by Motopits Ban depan belakang: Shinko Mesin: ubah Camshaft
Motopits Garage
Jl Cideng Timur No. 18 Jakarta Pusat
08158949888
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan