Pencarian populer

Ini Spesifikasi Motor Listrik yang Ditunggangi Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengendarai Motor Listrik Karya Anak Bangsa. Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar
Setelah melakukan test ride pada 9 April lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya resmi menggunakan motor listrik Sugeng Darma Rizqi (SDR) buat kegiatan harian. Pada sisi samping motor di area tangki tertulis ‘Motor Listrik Gubernur Jawa Barat’.
ADVERTISEMENT
Punya tampilan bergaya sport naked, motor listrik ini sebelumnya sudah pernah menjadi menjadi unit operasional PLN, untuk teknisi Unit Layanan Cepat (ULC). Sepeda motor ini juga sudah ber-STNK, seperti yang ditunjukkan oleh Soegeng Rijadi, CEO Arindo Pratama sebagai APM motor listrik SDR di Indonesia.
“Model ini sebenarnya baru akan diluncurkan pada September 2019 nanti. Memiliki kandungan lokal 37,5 persen,” ucapnya kumparan, Kamis (4/7).
Motor Listrik SDR yang digunakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Istimewa
Menyoal tampilan, motor SDR tak tampak layaknya motor listrik dengan desain bergaya futuristik atau aneh, tapi serupa dengan motor-motor mesin bakar lainnya.
Tentu saja secara psikologis, gaya ini nampaknya bisa lebih diterima oleh konsumen dalam negeri. Karena paradigma sepeda motor konvensional sudah tertanam cukup dalam.

Dimensi dan kaki-kaki

Soal ukurannya sendiri, motor listrik SDR punya panjang 2.080 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.020 mm, dengan terendah ke tanah atau ground clearance 180mm.
Motor Listrik SDR yang digunakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Istimewa
Dimensinya lebih panjang 61 mm dan lebih lebar 21 mm dari Honda CB150, yang memiliki ukuran panjang 2.019 mm, lebar 719, dan tinggi 1.039 mm.
ADVERTISEMENT
Kemudian bobotnya sendiri mencapai 138 kilogram. Hanya selisih 2 kilogram dengan CB150 (136 kg).
SDR punya frame berbahan baja, dengan topangan suspensi bagian depan jenis Telescopic, dan belakangnya Double Swing Shock Absorber. Profil ban depan 110/70-17 dan belakang 120/70-17.

Performa

SDR ditopang motor listrik tipe BLDC (Brushless Direct Current Motor), yang sanggup menghasilkan tenaga 1.500 W atau setara dengan yang dihasilkan mesin konvensional berukuran 60cc.
Motor listrik Gubernur Jawa Barat. Foto: Dok. Humas Pemprov Jabar
Soal kemampuannya melaju, di atas kertas top speed SDR bisa mencapai 65 km/jam, dengan maksimal beban 150Kg.
Memiliki baterai tipe Lead acid 220V AC/50Hz, dalam kondisi penuh sepeda motor listrik SDR sanggup menempuh jarak maksimal 70 km. Lamanya pengisian baterai sekitar 2 jam saja.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85