kumparan
21 Feb 2019 21:19 WIB

Mazda RX-7 254i: Mobil Balap yang 35 Tahun Hilang Kini Kembali

Suasana balapan Le Mans 24 Jam tahun 2016. Foto: Wikimedia Commons
Ajang balap 24 Hours Le Mans menjadi salah satu kompetisi tertua sejak pertama kali diadakan di Prancis pada tahun 1923. Salah satu pabrikan yang tidak pernah absen mengikuti balapan ini adalah Mazda.
ADVERTISEMENT
Hanya saja, ada satu cerita unik ketika Mazda meramaikan gelaran Le Mans 24 musim 1982 silam. Saat itu pabrikan memboyong mobil balapnya berupa Mazda RX-7 254i.
Ada dua mobil balap yang dibawa, pertama RX-7 254i berkelir kombinasi kuning dan hitam, juga model yang sama dengan warna merah muda, demikian seperti mengutip Roadandtrack.
Mazda RX-7 254i Foto: dok. Powercraft
Namun karena keduanya tidak menunjukkan performa yang baik, tim balap Mazda memutuskan untuk memulangkan keduanya dan terjun ke dalam seri balapan domestik di Jepang.
Nah di sini cerita bermula. Mazda RX-7 yang berwarna kuning berhasil sampai di Jepang dan kembali mengikuti seri balap JPSC, meski tidak lama karena harus purna tugas karena hancur dalam tabrakan yang terjadi di Sirkuit Fuji Speedway.
Mazda RX-7 254i kelir kuning yang digunakan pada balapan 24 Hour Le Mans Foto: dok. Powercraft
Sementara Mazda lain yang punya kelir merah muda, tidak diketahui keberadaannya bak hilang ditelan bumi.
ADVERTISEMENT
Tapi setelah 35 tahun berita kehilangan ini mencuat, mobil tersebut akhirnya ditemukan di daerah terpencil di Prefektur Okayama, bagian barat Jepang. Sayangnya belum diketahui bagaimana mobil tersebut bisa teronggok di sana, apalagi tidak diketahui oleh orang banyak.
Guna mengidentifikasi mobil tersebut, Mazda langsung memerintahkan Tachimoto, Chief Mechanic Mazdaspeed, atau divisi yang menaungi kegiatan balap Mazda.
Mazda RX-7 254i Foto: dok. Powercraft
Tidak menunggu waktu lama, Tachimoto membenarkan kalau mobil tersebut adalah RX-7 254i yang selama ini mereka cari. Identifikasinya diketahui dari sistem pengereman dan suspensi belakang mobil yang kembar pada model 253i pada tahun produksi yang sama.
Pabrikan pun meminta mobil tersebut diamankan untuk diidentifikasi secara menyeluruh. Setelah itu, mobil bakal direstorasi oleh rumah modifikasi Powercraft menjadi mirip seperti model yang sama pada 35 tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Kini mobil sudah bisa dilihat dengan body yang mulus seperti siap untuk terjun dalam balapan lagi. Tapi tidak lagi berwarna merah muda, Mazda RX-7 tersebut dilabur warna silver terang.
Video
Mazda RX-7 254i pada zamannya terbilang buas. Ini karena dapur pacunya berasal dari mesin dual rotary 13B twin turbo, yang setiap ruang bakarnya memiliki volume 654 cc. Dengan dua rotor ini, total volume yang ada berkisar 1.308 cc yang menjanjikan tenaga sebesar 296 dk yang bisa dicapai pada putaran 6.500 rpm.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan