kumparan
25 Des 2017 19:24 WIB

Merayakan 20 Tahun Eksistensi Toyota Prius

Toyota Prius Generasi Pertama (Foto: Toyota)
Mulai diperjualkan pada tahun 1997, Toyota Prius sukses menjadi sebuah nama mobil hybrid yang terkenal di dunia. Memasuki 20 tahun eksistensinya, Toyota semakin menunjukkan dominasinya di sektor kendaraan dengan penggerak ganda.
ADVERTISEMENT
Bila kita ingat kehadiran Honda Insight untuk melawan Toyota Prius, angka penjualannya justru menunjukkan rapor buruk, sementara Prius? Berhasil menjauhi Honda Insight lewat penjualannya yang selalu sukses setiap tahunnya, setidaknya sudah lebih dari 4 juta unit Toyota Prius sudah diproduksi dan diedarkan ke seluruh dunia.
Eksistensi Prius rupanya tidak membuat ‘pembenci’ mobil tersebut luluh. Malah hampir setiap orang tahu apa itu Prius, bahkan untuk orang yang tidak mengenalnya sebagai sebuah mobil hybrid. Toyota bahkan membantu mengembangkan mesin teknologi hybrid untuk Porsche 918 Spyder dan McLaren P1 yang berarti teknologi hybrid tidak hanya mengejar efisiensi, bisa juga disematkan untuk mobil super cepat.
"Saat meluncurkan Prius, tidak ada yang tahu apa itu teknologi hybrid," kata Takeshi Uchiyamada, Desainer Toyota Prius.
ADVERTISEMENT
Setidaknya sudah 4 generasi Prius berhasil dibuat oleh Toyota. Gengerasi pertama lahir pada tahun 1997, 7 bulan setelah Toyota Insight generasi pertama lahir dan hanya tersedia di Jepang. Melalui importir umum, Toyota Prius dapat mengaspal di Amreika dan Inggris, juga Australia karena desain sedannya yang disukai masyarakat belahan bumi barat.
All New Toyota Prius (Foto: Toyota )
Peluncurannya di tahun 1997 terbilang cukup sukses dengan mendapat penghargaan ‘Car of the Year Japan Award’.
Menginjak tahun 2003, lahirlah generasi kedua Prius dalam gelaran New York Internasional Auto Show. Tampilannya bukanlah sebuah sedan, buritannya naik menyerupai sebuah hatchback, tentu hal tersebut akan berdampak pada luasnya bagasi belakang.
Desainnya lebih memiliki aerodinamis juga lebih ramah lingkungan. Berdasarkan tes Euro NCAP, Toyota Prius mendapatkan bintang 5 untuk keselamatan penumpang dewasa, 4 bintang untuk keselamatan anak-anak, serta bintang 2 dari 4 untuk keselamatan pejalan kaki.
ADVERTISEMENT
Toyota Prius kembali mendapat penyegaran di tahun 2009. Masih dengan tampilan sebuah hatchback, namun desainnya lebih futuristik lewat lampu utamanya yang tidak lagi membulat.
Harganya dipangkas untuk bersaing dengan Honda Insight yang dijual lebih rendah dari Toyota Prius. Namun tetap saja, keberhasilan Toyota mengemas sebuah brand menjadikan Prius sebagai pilihan utama ketimbang Honda Insight.
Keberhasilan Toyota lantas tidak menghentikan inovasi untuk menghadirkan produknya yang lebih kompetitif. Generasi 4 Toyota Prius hadir dengan lebih panjang dan lebih besar dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, desain lampu utamanya makin tajam dengan garis bodi yang tegas hingga buritannya membuat penampilannya makin futuristik.
Perjalanan Mobil Hybrid Toyota Prius (Foto: Muhammad Faisal N/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·