Pencarian populer

Mercedes-Benz Pasarkan Replika Mobil Pertama di Dunia

Replika Benz Patent Motorwagen (Foto: dok. Mercedes-Benz)

Mercedes-Benz mengumumkan bahwa mereka menjual replika dari mobil pertama yang pernah mereka buat lebih dari satu abad yang lalu. Kendaraan roda tiga yang menjadi salah satu mobil pertama di dunia ini dipatenkan oleh Karl Benz--Pendiri Mercedes-Benz-- dengan nomor paten 37435.

Tapak tilas mobil ini bisa ditelusuri dari tahun 1886. Dilabeli dengan nama Benz Patent Motorwagen, mobil roda tiga ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena mobil ini hadir dengan mesin pembakaran internal yang kehadirannya masih dainggap sebagai satu hal yang baru kala itu.

Kendaraan ini juga yang menjadi batu loncatan bagi merek Mercedes-Benz yang ikonik untuk bisa dikenal di hampir seluruh dunia seperti sekarang ini.

AutoTimesNews melansir, untuk mengenang mobil bersejarah yang pernah mereka buat pada waktu itu, pabrikan pernah membangun serangkaian replika dari Benz Patent Motorwagen pada tahun 2001-2002 dengan jumlah yang sangat terbatas. Baru-baru ini divisi mobil klasik Mercedes-Benz, All Time Stars mengakuisisi replika tersebut untuk dijual kepada kolektor mobil bersejarah.

Mengacu ke laman resmi All Time Stars, rincian tentang kendaraan replika ini, seperti mesin, transmisi, sasis, dan lain sebagainya akan mereka sediakan berdasarkan permintaan konsumen nantinya.

Replika Benz Patent Motorwagen (Foto: dok. Mercedes-Benz)

Tapi, ada beberapa hal dasar yang mereka beberkan untuk replika Benz Patent Motorwagen yang mereka jual, seperti kecepatan maksimum mobil yang mencapai 16 kilometer per jam, penggunaan mesin pembakaran internal 1-silinder , interior berlapis kulit, dan tentunya menggunakan tiga roda besar sebagai kaki-kainya.

Karena hanya replika, pihak Mercedes-Benz mengatakan kalau mobil antik ini hanya bisa dibawa untuk jarak tempuh yang relatif dekat. Sebab, replika biasanya dibuat hanya untuk keperluan pajangan di museum atau mengisi pameran-pameran publik saja. Tapi pihak Mercedes-Benz berani menjamin kalau mobil ini sangat mirip dengan yang asli, dan dapat berfungsi dengan sangat baik, serta bisa dikendarai.

(Dengan teknologi yang masih sangat dini, wajar jika Benz Patent Motorwagen tidak dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Namun beberapa mobil roda tiga berikut ini punya performa di atas rata-rata.)

Sejauh ini, belum ada informasi resmi yang mereka berikan terkait harga yang harus digelontorkan peminat untuk menggarasikan mobil ini, namun melihat nilai sejarah yang terkandung di dalamnya, calon peminat sepertinya harus menyiapkan dompet yang sangat teball untuk menggarasikan Benz Patent Motorwagen.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: