kumparan
12 Jul 2019 12:30 WIB

Modal Rp 5 Juta, Sulap Kawasaki W175 Jadi Tracker

Motor Kawasaki W175 Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kawasaki W175 benar-benar didaulat jadi motor bahan modifikasi. Banyak pemiliknya yang sengaja memboyongnya untuk dimodifikasi mengadopsi berbagai macam aliran.
ADVERTISEMENT
Kalau yang paling ramai saat ini, modifikasi bergaya Tracker pilihannya. Tinggal ganti kaki-kaki, setang, sampai papas jok, langsung jadi motor bergaya Tracker.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Tracker Foto: dok. CNC
Nah, kalau kamu salah satu pemilik atau calon pembeli Kawasaki W175, dan ingin merombak tampilannya dengan budget terbatas, tidak ada salahnya comot referensi dari Nolavender, penggawa bengkel modifikasi Central Classic Custom di Cinere, Depok.
Sesuai penuturannya, dengan budget maksimal Rp 5 juta, Kawasaki W175 dapat dimodifikasi simpel nan sederhana, bahkan disulap jadi Tracker. Rahasianya, tidak banyak komponen bawaan pabrikan yang diubah.
"Jadi ubahannya enggak terlalu banyak, paling ganti ban, velg, shock belakang, spakbor, ganti lampu, sein, stop lamp, sama knalpot, udah jadi deh Tracker," ungkap Nola saat berbincang dengan kumparan, Kamis (11/7).
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Tracker Foto: dok. CNC
Nola pun sudah membuat satu contoh sesuai permintaan pelanggannya. Kawasaki W175 standar kepunyaan pelanggannya dirombak mulai dari depan meliputi penggunaan lampu LED Daymaker. Kemudian biar tidak terlalu monoton, ada tambahan tameng atau cover head lamp yang dikustom.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya biar posisi berkendara tidak membungkuk, setang ikut diganti dengan model yang lebih tinggi dan lebar. Ini juga bertujuan agar handling lebih lincah dan tampilannya terdongkrak sedikit lebih kekar.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Tracker Foto: dok. CNC
Tak lupa biar aura motor kustomnya terpancar, ada pemakaian spion besutan Rizoma jenis Hihgsider, handle grip aftermarket, dan tuas rem dari Scarlet.
Selebihnya dari tengah sampai buritan, ubahan ada pada bagian jok. "Jok aslinya kan tebal ya, terus ini kami papas biar lebih simpel dan proporsional lagi, karena tangkinya udah gambot," tambah Nola.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Tracker Foto: dok. CNC
Adapun biar tampilannya juga tidak begitu standar, spakbor depan dan belakang ikutan diganti jadi lebih minimalis. Namun karena spakbor belakang lebih pendek, pelat nomor diubah posisinya ke suspensi bagian kiri dengan dudukan buatan Nola.
ADVERTISEMENT
"Kalau itu produk kami asli yang dijual ke pasaran. Sudah plug and play bisa ke motor apapun, tinggal copot baut as roda terus masukkin, beres, harganya Rp 150 ribu," timpalnya.
Modifikasi Kawasaki W175 jadi Tracker Foto: dok. CNC
Untuk pengerjaan, karena tidak begitu ekstrem Nola menjelaskan hanya memakan waktu satu minggu. "Rangkanya Kawasaki W175 ini enak, udah tubular belakangnya, jadi mau dimodifikasi apapun gampang banget," tutup Nola.
Data modifikasi Kawasaki W175 Spakbor: Kustom Setang: Aftermarket Spion: Rizoma Handle Grip: Ride It Lampu: Daymaker Velg: Rossi Ban Depan: Swallow 100/80 Ban Belakang: Swallow 100/80 Lampu Sein: Aftermarket Stop Lamp: Aftermarket Dudukan Pelat: Kustom
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan