kumparan
6 Feb 2019 18:00 WIB

Ninja 125 Rakitan Bekasi Dijual ke Eropa, Laku 700-an Unit Per Bulan

Kawasaki Ninja 125 dan Z125 Foto: dok. Kawasaki
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengirimkan Ninja 125 buatan pabrik Bekasi, Jawa Barat ke kawasan Eropa. Langkah KMI ini menyusul Yamaha dengan NMAX-nya dan Suzuki GSX, yang lebih dahulu mendarat di Benua Biru tersebut.
ADVERTISEMENT
Tak tanggung-tanggung, sejak pertama diperkenalkan pada pameran Intermot 2018 di Cologne, Jerman, Ninja 125 dan Z125 dikapalkan sebanyak 700 unit per bulannya. Terkait dengan komposisinya, versi sport fairing yang lebih diminati.
“Cukup banyak memang peminatnya di sana. Namun memang kan di sana seasonal atau tergantung dari musimnya. Bila masuk musim dingin mereka tentu tidak menjual sepeda motor,” ujar Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia kepada kumparanOTO, Rabu (6/1).
Rangka Kawasaki Ninja 125 dan Z125 Foto: dok. Kawasaki
Dipilihnya Indonesia sebagai basis produksi Ninja 125 buat pasar Eropa, memang sudah dipercayakan oleh prinsipal di Jepang. Namun, apakah varian berukuran kecil itu bakal dipasarkan di dalam negeri (kemungkinan menjadi 150), Michael masih belum mau berspekulasi.
ADVERTISEMENT
“Pastinya saja tak mau menutup kemungkinan dan tidak juga membuka kemungkinan itu. Soal studi sih tidak,” kata Michael.
Sebagai merek yang terkenal dengan deretan motor sport-nya, sebenarnya Kawasaki punya kesempatan besar untuk bisa mengisi ceruk-ceruk sport 150cc.
Walaupun memang porsinya secara nasional tak begitu besar segmen sport, tapi lumayan untuk bisa menambah volume jualan. Apalagi sudah terbuka jalannya lewat produksi Ninja 125 dan Z125 ke Eropa.
Saat ini, pasar fairing 150 di Indonesia diisi oleh Honda CBR150R, Suzuki GSX-R 150 dan Yamaha R15. Sementara di segmen naked juga sudah ada Honda CB150R, Suzuki GSX-S 150 dan Yamaha V-Ixion.
Menarik untuk ditunggu kabar selanjutnya dari Kawasaki.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan