Pencarian populer
Pesona Yamaha Byson Memudar
Yamaha XMAX (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Dominasi motor matik di Indonesia terus menunjukkan eksistensinya, menang atas akomodasi dan efisiensinya dibanding motor sport. Sementara segmen motor sport, khususnya dengan mesin 150 cc naked terus menunjukkan penurunan penjualan yang signifikan.
Salah satunya Yamaha Byson yang dikenalkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada tahun 2010 silam. Saat itu Yamaha Byson dipercaya untuk mendukung penjualan motor sport Yamaha yang hanya diisi oleh Vixion dan Scorpio dan berhadapan langsung dengan Honda New Mega Pro.
Beban yang dipikul Yamaha Byson nampaknya cukup berat, 3 tahun terakhir berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), angka pendistribusiannya terseok-seok meski sempat menyalip new Mega Pro.
Pada tahun 2016, Yamaha Byson mampu mencatat 6.176 unit Byson yang terdistribusi ke diler-diler Yamaha atau sekitar 514 unit tiap bulannya, sementara Honda hanya membukukan 3.317 unit new Mega Pro atau laku sekitar 275 unit.
Yamaha Byson (Foto: dok. YIMM)
Namun era keemasan tersebut hanya bertahan sesaat, satu tahun kemudian Honda mengkudeta Byson dengan perolehan 3.678 unit new Mega Pro atau terdistribusi 306 unit tiap bulan, sedangkan Yamaha harus puas dengan angka 678 unit, atau terjual sekitar 56 unit setiap bulannya.
Kendati demikian, sinyal Byson yang tidak lagi menunjukkan tren positif mendorong pabrikan berlambang tiga garputala ini menghadirkan Yamaha Xabre dengan model street fighter seperti Byson pada awal tahun 2016. Tampilannya yang lebih garang dan ‘laki’ membuat Xabre lebih dilirik ketimbang Byson, namun tetap saja penjualannya tidak lebih baik dari Byson.
Puncaknya memasuki awal tahun 2018, Yamaha semakin terpuruk dengan hanya mendistribusikan 2 unit Yamaha Byson. Sementara Honda jauh lebih baik dengan mencatatkan 204 unit new Mega Pro.
Padahal dalam katalog motor sport naked 150 cc yang dijual Yamaha, Byson memiliki harga Rp 22,9 juta, jauh lebih rendah ketimbang saudaranya Yamaha Vixion yang diniagakan dari harga Rp 26-28,8 juta dan Yamaha Xabre yang dilabeli harga Rp 30,3 juta.
Berikut 7 peringkat motor sport naked 150 cc bulan Januari 2018.
-Honda CB 150 6.357 unit
-Honda Verza 4.073 unit
-Yamaha Vixion 3.587 unit
-Yamaha Xabre 242 unit
-Honda Mega Pro 204 unit
-Suzuki GSX-S 44 unit
-Yamaha Byson 2 unit
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: