Pencarian populer

Quick Shifter Aftermarket, Bikin Motor Makin Terasa 'Sporty'

Ilustrasi quick shifter pada motor Foto: Dok. One3 Motoshop
Memasang perangkat quick shifter sedang jadi tren belakangan ini di kalangan pemilik sepeda motor. Gunanya, memungkinkan pengendara bisa memindahkan gigi tanpa harus menekan tuas kopling, tapi tetap aman. Hanya saja memang tak sedikit yang belum memahami dan tahu betul bagaimana penggunaanya secara benar.
ADVERTISEMENT
Perangkat ini biasanya menempel pada motor berkapasitas mesin besar berjenis sport. Beberapa pabrikan juga sudah ada menyematkan teknologi ini pada motor mereka. Namun, buat yang motornya belum memiliki fitur ini, tentu tak perlu ganti motor, solusinya bisa memasangkan quick shifter aftermarket.
Ilustrasi quick shifter pada motor Foto: Dok. One3 Motoshop
“Banyak yang salah kaprah nih soal penggunaan quick shiter, mereka beranggapan kalau quick shifter itu bisa dipakai saat naik dan turun gigi, Padahal kegunaanya diperuntukkan hanya untuk up shifting saja (naik gigi). Secara umum bisa memidahkan gigi tanpa menekan kopling dan menutup gas,” kata Herman, Staf Marketing One 3 Motoshop.
Herman menambahkan, apabila terus digunakan untuk down shift (turun gigi) efek yang paling fatal adalah kerusakan pada gear box. Tentunya motor tidak akan bisa dipakai dengan maksimal.
ADVERTISEMENT
Quick shifter memiliki kelebihan untuk mempercepat waktu saat ganti gigi, sehingga akselarasi motor bisa lebih baik dan cepat. Pengendara tidak lagi perlu mengendurkan gas.
Berbicara sistem kerjanya, quick shifter akan memutus aliran setrum pada ignition coil dalam waktu sepersekian detik, sehingga prosesnya berlangsung cepat dan halus. Sederhananya adalah membuat mesin mati ‘sesaat’ sehingga efek pergantian gigi menjadi aman dan terasa halus. Jadi ta perlu tekan kopling dan tutup gas.
Ilustrasi quick shifter pada motor Foto: Dok. One3 Motoshop
Walau pemakaiannya sering dijumpai di motor berkapasitas mesin besar, tidak dipungkiri tren pemasangan teknologi ini juga banyak di motor berkapasitas mesin kecil, sebagai contoh GSX 150, CBR 150, dan keluarga motor ber cc 250.
“Sebenarnya quick shifter pertama kali diperuntukan untuk motor balap, misalnya MotoGP, tapi kalau dijalan raya, kayaknya mereka untuk mencari kesenangan saja deh, jadi seperti dapat feel motor balapnya,” ungkap Herman sambil tersenyum.
ADVERTISEMENT
Bicara harga, One 3 Motoshop menyediakan dua merek yang berbeda yakni, Translogic dan Starlane. Harganya dimulai dari Rp 5 sampai 8 jutaan tergantung jenis dan merek motor.
Kamu tertarik? Pastikan kamu tahu terlebih dahulu fungsi dan kegunannya.
One3 Motoshop
Jl. BSD Utama Raya, Ruko Mendrisio 3 Blok B No. 17, Paramount Serpong, Tangerang, Banten
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85