kumparan
11 Okt 2018 20:03 WIB

Resmi Meluncur, Ini Fokus Ubahan dan Harga Yamaha R25 Facelift

Yamaha R25 Facelift 2019 (Foto: dok. YIMM)
Yamaha R25 terbaru akhirnya resmi diperkenalkan. Peluncurannya dilakukan di Jakarta bersama dengan Yamaha R3 dan dilakukan bertepatan dengan perayaan 20 tahun hadirnya model andalan, Yamaha R1.
ADVERTISEMENT
Indonesia sendiri menjadi negara pertama tempat sepeda motor sport full fairing ini menjalani debut global. Tidak aneh mengingat Yamaha Indonesia adalah tempat dilahirkannya dua motor ini.
"PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah satu-satunya pabrik yang memproduksi R25 dan R3 sejak pertama kali dijual Juli 2014," ujar Presiden Direktur sekaligus CEO PT YIMM, Minoru Morimoto dalam keterangannya.
Ini artinya PT YIMM bertanggung jawab penuh atas semua Yamaha R25 dan R3 yang disebar ke Eropa, Amerika Serikat dan bahkan Jepang. Yamaha R25 model 2019 ini dihadirkan dengan ubahan angkat muka alias facelift. Sekadar catatan ini adalah penyegaran pertama Yamaha R25 sejak diluncurkan pertama kali tahun 2014 silam.
Launching Yamaha R25 dan R3 (Foto: dok. YIMM)
Fokus Ubahan
ADVERTISEMENT
Meski sebenarnya tidak banyak, ubahan yang dihadirkan cukup signifikan dan langsung terasa saat dilihat dari depan. Lampu utamanya tidak setajam model sebelumnya serta lekukan dan garis-garis di bagian depannya dikurangi.
Menurut informasi dari pihak Yamaha desainnya sendiri mengambil inspirasi dari YZR-M1 alias motor yang dipakai pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Tidak hanya itu bagian bodi juga mengalami perubahan. Desain baru yang mengadopsi DNA dari 'R Series' lain menjajikan aerodinamika yang lebih baik untuk mengangkat performa berkendara.
Selain itu untuk memperkuat tampilan dan meningkatkan fungsionalitas, suspensi depan upside down berkelir emas yang sebelumnya sudah dihadirkan di R15 terbaru juga diadopsi di motor ini. Selain itu Yamaha R25 juga kini menggunakan speedometer full digital yang menyerupai milik Yamah R1 dengan setang under yoke untuk menunjang posisi berekendara yang lebih optimal.
ADVERTISEMENT
Lampu depan dan belakang juga sudah menggunakan full LED dengan tambahan fitur lampu hazard. Fitur lain yang ada pada Yamaha R25 terbaru adalah tombol starter yang menjadi satu dengan engine on/off seperti yang umum ditemui pada big bike.
Sementara untuk jantung pacu, mesin 250 cc 2-silinder, DOHC dengan pendingin udara yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan masih sama dengan yang ada pada model sebelumnya. Di atas kertas mesin ini mampu mengahsilkan tenaga 35,5 daya kuda (dk) pada 12.000 rpm dan torsi maksimum 22,6 Nm pada 10.000 rpm.
Harga
Dihadirkan dengan tiga pilihan warna, matte black, matte red, dan tentunya racing blue yang menjadi ciri khas pabrikan garpu tala, Yamaha R25 ditawrkan mulai dari harga rekomendasi Rp 58,6 juta on the road (OTR) Jakarta. Sementara itu untuk produk dengan Movistar Livery ditawarkan dengan harga Rp 58,95 juta. Dibanding R25 model lama ada kenaikan sebesar Rp 1,6 juta.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·