Pencarian populer

Royal Enfield Classic 500 Pegasus Edition, Motor Perang Rp 109,9 Juta

Peluncuran Royal Enfieled Classic 500 Pegasus Edition (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
PT Distributor Motor Indonesia (DMI) sebagai diler resmi motor Royal Enfield di Indonesia kebagian 40 dari 1.000 unit Royal Enfield Classic 500 Pegasus Edition yang meluncur di India bulan Mei lalu.
ADVERTISEMENT
Motor retro bergaya masa perang dunia kedua ini dibangun dari Royal Enfield Classic 500 dan terinspirasi dari Royal Enfield Flying Flea yang merupakan sepeda motor legendaris yang dibuat pada tahun 1939 sampai 1941.
Country Manager Royal Enfield Indonesia Irvino Edwardly menjelaskan, cikal bakal Royal Enfield Classic 500 Pegasus Edition tidak lepas dari peranannya dalam perang dunia kedua.
"Pada awal tahun 40-an, saat perang dunia terjadi, motor Royal Enfield yang serba bisa dipakai angkutan bersenjata Inggris yang dinamakan Flying Flea. Untuk menghidupkan sejarah itu, kami membawa Royal Enfield Classic 500 Pegasus Edition sebagai penghormatan terhadap mesin perang yang tangguh dan serba bisa," ujarnya saat merilis Royal Enfield Pegasus Edition di Jakarta, Rabu (14/11).
Peluncuran Royal Enfieled Classic 500 Pegasus Edition (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Penguatan ciri khas militer
ADVERTISEMENT
Agar lebih menguatkan sisi militernya, Royal Enfield menyematkan beberapa aksesori dan pernak-pernik khas zaman perang dunia kedua agar berbeda dari Classis 500 standar.
"Setiap unit memiliki logo pegasus sebagai kenangan selama perang dunia kedua, juga memiliki stensil serial number yang unik dan eksklusif dan cat holografik sebagai tanda motor ini bersertifikat resmi," tambah Irvino.
Serial number pada Royal Enfieled Classic 500 Pegasus Edition (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Seperti pada bagian tangki terdapat nomor seri khusus dan emblem pegasus yang menjadi simbol pasukan penerjun payung tentara Inggris.
Selebihnya ada tambahan kosmetika sedikit berupa velg jari-jari berwarna hitam, tuas kick starter, bezel lampu depan, pedal, handgrip berwarna coklat, sabuk kulit, kap yang terbuat dari kuningan untuk menutupi kotak filter udara.
Serta tak ketinggalan, ada satu set pannier berbahan kanvas berlogo pegasus yang dapat diandalkan membawa berbagai perlengkapan berkendara.
Seperangkat tas kanvas pada Royal Enfieled Classic 500 Pegasus Edition (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Bicara jantung mekanis, pabrikan mengandalkan mesin bawaan berkubikasi 499 cc satu silinder berpendingin udara yang mampu memuntahkan tenaga hingga 27,2 dk pada 5.250 rpm dan torsi maksimum 41,3 Nm pada 4.000 rpm yang dikawinkan pada transmisi manual 5 percepatan.
ADVERTISEMENT
Harga
Royal Enfield Classic 500 Pegasus Edition ditawarkan dalam dua pilihan warna: Service Brown (coklat) dan Olive Drab Green (hijau army). Untuk di Indonesia, warna coklatnya sebanyak 15 unit dan hijau army-nya 25 unit.
Kemudian bicara harga, motor yang diproduksi terbatas itu dibanderol Rp 109,9 juta on the road (OTR) Jakarta dan sudah bisa dipesan pada Kamis (15/11) di diler Royal Enfield Indonesia, di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Royal Enfieled Classic 500 Pegasus Edition (coklat) (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Royal Enfieled Classic 500 Pegasus Edition (hijau army) (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81