Pencarian populer

Royal Enfield Siapkan Varian Scrambler Maret 2019 Mendatang

Ducati Scrambler Desert Sled (Foto: Ducati)
Banyak pabrikan roda dua ternama yang menawarkan varian motor Scrambler pada katalog jualnya. Sebut saja seperti BMW, Ducati, ataupun Triumph.
ADVERTISEMENT
Melihat tren motor Scrambler yang terus berkembang inilah, membuat pabrikan motor asal India, Royal Enfield juga ingin menghadirkan motor yang serupa. Pabrikan menyebut, penjualan motor bergaya retro di India terus menunjukkan tren positif.
Seperti mengutip Autoportal, wujud Scrambler dari Royal Enfield tersebut akan dibuka selubungnya pada Maret 2019 mendatang, dan pengiriman unit ke konsumen akan dilakukan sebulan setelahnya.
Ilustrasi motor bergaya Scrambler (Foto: dok. Autoportal)
Tidak hadir sebagi model hasil riset dan pengembangan mesin terbaru, kabarnya Royal Enfield Scrambler akan dibangun dari seri Classic yang punya kapasitas mesin 350 cc dan 500 cc. Seri Classic memang sering dijadikan platform untuk varian Royal Enfield lain seperti yang baru ini meluncur, Classic 500 Pegasus Edition.
Namun kemungkinan besar modelnya akan mengusung mesin Classic 500 keluaran terbaru yang sudah memenuhi standar emisi di India. Berdasarkan data spesifikasi, mesin dengan kubikasi 499 cc, satu silinder berpendingin udaranya itu mampu memuntahkan tenaga 27 dk pada 5.250 rpm dan torsi 41,3 Nm pada 4.000 rpm.
Bocoran motor Royal Enfield bergaya Scrambler (Foto: dok. Zigwheels)
Wujudnya pun sudah seringkali berlalu-lalang saat melakoni tes jalan di sana. Bentuknya akan menggunakan ban off road, fender yang pendek, ditambah setang yang tinggi tapi cukup lebar.
ADVERTISEMENT
Di belakang single seater-nya ada rack besi tambahan untuk menyimpan barang, dan juga dipercantik dengan knalpot model upswept. Dilaporkan pula keutuhan bodinya didominasi oleh bentukan Royal Enfield Classic 500.
Royal Enfield Classic 500 (Foto: dok. Royal Enfield)
Sementara pada suspensinya, baik depan maupun belkang sudah terpasang shockbreaker teleskopik. Untuk bagian depannya akan tersematkan pelindung shock agar terhindari dari debu atau kotoran yang bisa merusak seal pipa suspensinya.
Menariknya, guna meningkatkan aspek keselamatan, sudah ada rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel sebagai standard. Diperkirakan harganya di atas Classic 500 dengan banderol Rp 92,6 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85