Pencarian populer

Seberapa Canggih DFSK Glory i-Auto Dibanding Wuling Almaz ‘Wind’

DFSK Glory 580 i-Auto Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Pabrikan China DFSK gelontorkan varian tertinggi dari medium SUV mereka Glory i-Auto di GIIAS 2019. Berbasis Glory 580, salah satu fitur yang menjadi unggulan pada produk baru tersebut yaitu voice command atau perintah suara.
ADVERTISEMENT
Produk ini muncul persis beberapa hari setelah pengenalan Wuling Almaz 7-penumpang yang juga memiliki fitur perintah suara. Nampaknya keduanya memang sedang bersaing berusaha menarik konsumen lewat fitur-fitur kelas premium.
Namun di antara keduanya mana yang lebih unggul? Berikut kumparan coba membandingkan keduanya melalui beberapa fitur.
DFSK Glory 580 i-Auto Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Perintah Suara (Voice Command)

DFSK sendiri memiliki perangkat untuk mengakomodasi fitur perintah suara yang dinamakannya i-Talk. Teknologi ini diklaim bisa mengontrol berbagai fungsi elektronik mobil yang akan memberikan pengalaman berkendara yang atraktif.
Pada tahap ini, DFSK 'i-Talk' telah memasukkan lima kategori kontrol suara yaitu untuk fungsi mobil, multimedia, menjawab panggilan, navigasi suara dan Bluetooth. Hanya saja, perintahnya hanya bisa dilakukan dengan perantara Bahasa Inggris, seperti ‘open sunroof’, ‘turn on GPS’ dan ‘close window’.
ADVERTISEMENT
Nah sementara Wuling, fitur 'Wind' yang mereka sematkan pertama kali pada Almaz 7-penumpang, bisa menangkap dan melakukan tugasnya. Sisi menariknya, perintah-perintah suara itu diucapkan dengan Bahasa Indonesia.
Harga varian baru Wuling Almaz Foto: Muhammad Ghulam Nayazri/kumparan
Ada beberapa fitur yang bisa diaktifkan dan dioperasikan seperti telepon, membuka menutup kaca, menyalakan AC mobil termasuk suhu, dan sunroof. Nah contoh perintah suara di Wuling Wind misalnya ketika ingin menyalakan AC, bisa menyebut ‘buka AC’ , ‘hidupkan AC’ , 'matikan AC' , 'tutup AC’, bahkan dengan bahasa yang umum ‘saya kepanasan’, ‘saya kedinginan’, ‘wuih dinginnya’ AC akan otomatis menyesuaikan.

Fiturnya

Nah sementara soal fitur penunjang berkendara, Glory i-Auto dilengkapi sistem kamera parkir 360 derajat, sensor parkir depan belakang, sensor wiper otomatis, cruise control, sensor pembuka bagasi otomatis dan lainya.
ADVERTISEMENT
Fitur lainnya yang disematkan di GLory i-Auto khususnya soal keamanan dan keselamatan setidaknya ada 14 seperti Emergency Brake Assist (EBA), Electronic Parking Brake (EPB), Traction Control System (TCS), Electronic Stability Program (ESP), dan Hill Hold Control (HHC), Parking Sensor, Rear View Camera, Airbag Front & Front Side, Seat Belt Reminder, Driver & Passenger Seat, Tyre, Pressure Monitoring System (TPMS), ABS + EBD, Immobilizer, Alarm System dan Dual-Tone Horn.
Wuling Almaz 7-penumpang dengan fitur WIND Foto: Ghulam Muhammad/kumparan
Sementara perintah suara milk Wuling di antaranya kamera 360 yang mirip dengan Nissan Terra. Lalu ada juga fitur (TPMS), buat mengecek tekanan angin pada masing-masing ban melalui layar
Soal fitur keselamatan, Wuling Almaz diperkuat rem (ABS), dengan dukungan (EBD) dan (BA). Menambah keamanan berkendara, Almaz ditunjang hill hold control (HHC), Traction Control System, Automatic Vehicle Holding, dan Electronic Stability Control.
ADVERTISEMENT
Ada juga Dual Front SRS Airbags serta Side Airbag, pengait ISOFIX, Seatbelt Reminder, dan fitur Emergency Stop Signals.
Wind, fitur perintah suara berbahasa Indonesia pertama, disematkan Wuling di medium SUV-nya Almaz. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Performa

Menyoal jantung pacu sendiri, DFSK mempersenjatai Glory i-Auto dengan 1.5L turbocharged, yang menjanjikan power maksimum 150 PS (147 dk) dan torsi maksimum 220 rpm.
Sementara panjangnya 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan trim tertinggi 1.715 mm. Bila diadu dengan Almaz, yang punya panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm, tentu lebih besar sedikit.
Almaz sendiri punya jantung pacu masih 1.500 cc turbocharger bertenaga 140 daya kuda (dk) pada 5.300 rpm, torsi 250 Nm pada 2.000-3.600 rpm. Tersemat transmisi otomatik berjenis CVT 8-percepatan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.
ADVERTISEMENT
Nah silahkan memilih sendiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80