kumparan
15 Mei 2019 8:20 WIB

Solusi Murah Tingkatkan Visibilitas ke Area Belakang Mobil

Ilustrasi Rear View Mirror Foto: dok. Topspeed
Desain-desain mobil bisa dibilang semakin futuristik dan aerodinamis. Akan tetapi perkembangan desain ini justru berdampak pada area visibilitas ke arah belakang yang makin minim.
ADVERTISEMENT
Rendahnya visibilitas ke arah belakang bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti pilar C yang desainnya terlalu sempit, kaca belakang yang kurang lebar, hingga posisi headrest belakang yang mengganggu.
Padahal visibilitas ke arah belakang sendiri terbilang sangatlah penting dan dibutuhkan terutama saat hendak berpindah jalur atau saat parkir mundur.
“Visibilitas ke arah belakang tentu sangat penting, terutama saat hendak manuver seperti pindah jalur atau pas mau mundur parkir. Dengan melihat ke kaca spion belakang, kita jadi bisa mengetahui apakah ada bahaya dari arah belakang atau tidak, serta saat hendak parkir mundur kita jadi bisa melihat jarak dengan bagian belakang,” ujar Jusri Pulubuhu selaku Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).
Ilustrasi Rear View Mirror Foto: dok. fress
Meskipun melihat ke arah belakang terbilang sangat jarang dilakukan, namun Jusri tetap menyarankan agar tidak pernah lupa melihat ke arah belakang, terutama sebelum berpindah jalur.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk meningkatkan visibilitas ke area belakang, ada solusi murah dengan menambahkan spion tengah yang berukuran lebih panjang dan lebar. Dengan menggunakan spion tengah tambahan, tentu akan sangat membantu pengemudi dalam mendapatkan bidang pandang yang lebih luas.
“Penggunaaan kaca spion tengah tambahan tentu tidak masalah, meskipun memang secara estetika akan kurang bagus. Tapi perannya akan sangat membantu, dan berguna untuk memberikan pandangan yang lebih jelas ke arah belakang,” tambah Jusri.
Untuk spion tengah tambahan sendiri saat ini cukup banyak beredar di beberapa pusat aksesori mobil. Umumnya spion tengah tambahan tersebut tersedia dalam ukuran panjang, 270, 290 hingga 300 mm.
Harganya pun terbilang cukup beragam, mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 250 ribu tergantung dari ukuran, bentuk dan mereknya.
ADVERTISEMENT
“Spion tengah tambahan harganya kisaran Rp 75 sampai Rp 250. Tergantung ukurannya yang 270, 290, atau 300. Umumnya sih memang memang merek China,” ujar salah satu pedagang aksesori di Blok M Mall yang enggan disebutkan namanya.
Untuk pemasangannya sendiri terbilang sangatlah mudah, karena hanya menjepit spion tengah bawaan mobil tersebut. Sehingga tidak memerlukan bongkar pasang yang rumit.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan