Pencarian populer

Suzuki Bicara Peluang Debut Wagon R Baru ke Indonesia

Peluncuran Suzuki Wagon R terbaru (Foto: dok. Indianautosblog)

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum berencana untuk merilis Wagon R edisi penyegaran dalam waktu dekat. Padahal di India, Maruti Suzuki sudah perkenalkan Wagon R dengan tampilan yang lebih segar, walaupun bentuk bodinya masih tak menghilangkan kekhasannya.

Head of Brand Development and Marketing Research SIS PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, mengatakan bahwa Suzuki masih menunggu dengan regulasi pemerintah, terkait dengan program LCGC atau Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) jilid II.

“Kami masih belum ada rencana penyegaran di Indonesia. Sebab masih terkait dengan peraturan LCGC yang harus kami penuhi dengan pemerintah. Jadi perubahan-perubahan itu harus didiskusikan dahulu dengan pemerintah,” ujar Harold, Selasa (29/1).

“Nanti di dalamnya terkandung yang namanya TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), apakah akan bertambah atau tidak, kami masih rembukan dahulu secara internal,” imbuhnya.

Suzuki Karimun Wagon R (Foto: Dok. PT SIS)

Di India, Wagon R baru punya dimensi lebih besar. Panjangnya naik 55 mm menjadi 3.655 mm, kemudian lebarnya dari 1.475 mm jadi 1.620 mm, serta tingginya dari 1.670 menjadi 1.675 mm. Tak cuma itu, wheelbase juga melebar 35 mm menjadi 2.435 mm.

Di jantung mekanis, Suzuki Wagon R ini punya dua mesin. Pertama 1.000 cc berkode K10B dengan tenaga 67 dk pada 5.500 rpm serta torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Kedua, adalah varian 1,2 liter yang menggunakan mesin Ignis berkode K12M, yang menjanjikan 80 dk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Kedua mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatik konvensional AMT.

Suzuki mengklaim, Wagon R terbaru ini memiliki efisiensi BBM 22,5 km/liter untuk mesin 1,0 liter dan 21,5 km/liter untuk varian mesin 1,2 liter. Artinya, dua mobil ini telah memenuhi salah satu syarat program KBH2, yang mewajibkan efisiensi di angka 20 km/liter.

Menyoal harga, Suzuki Wagon R di India dilego mulai dari 490 ribu rupee atau sekitar Rp 83,1 juta, sampai 569 ribu rupee yang setara dengan Rp 112,9 juta.

Kita tunggu kabarnya nanti.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31