kumparan
20 Mar 2019 19:00 WIB

Tanpa AC, Konsumsi BBM Honda Brio Tembus 30,1 Km/liter

Slalom Honda Brio di arena parkir sirkuit Sentul Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Tak cukup dengan membuktikan ubahan dimensi dan ruang kabin Brio terbaru yang lebih lapang, Honda kembali ingin pamer keunggulan Brio soal konsumsi bahan bakarnya.
ADVERTISEMENT
kumparan pun tak absen untuk ikut andil dalam kompetisi liga irit ini, bersama wartawan lain yang terbagi atas 20 mobil Honda Brio.
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Karena modelnya merupakan city car, maka rute perjalanannya melintasi kota Jakarta hingga Bogor, dan finish di sirkuit Sentul dengan jarak kurang lebih 70 km dan lama perjalanan 120 menit.
Oh iya, guna membuktikan keiritan bensin ini, peserta dibolehkan untuk menyalakan atau mematikan AC selama perjalanan. Biar lebih greget, mobil yang ditumpangi kumparan memilih untuk tidak menyalakan AC, artinya selama 2 jam perjalanan kami disejukkan dengan AC alam.
Posisi mengemudi Honda Brio, kaca dibuka untuk menguji efisiensi bahan bakarnya Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Perjalanan dimulai dari kantor Honda Prospect Motor (HPM) di Sunter, lalu menyusuri jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara yang didominasi oleh truk-truk besar.
ADVERTISEMENT
Setelahnya, rute dilanjutkan masuk ke tol lingkar luar timur hingga memasuki ruas tol Jagorawi. Nah selama di tol ini, jadi cara kami untuk 'menyekolahkan kaki' agar bukaan gasnya terjaga.
Uji irit Honda Brio menuju Bogor Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kecepatan pun dijaga antara 40 sampai 60 km per jam dan putaran mesin juga dipantau berada di kisaran 1.500 rpm, tidak melebihi 2.000 rpm.
Cuaca terik saat itu cukup membuat basah kaos yang kami kenakan. Jendela sengaja kami buka sedikit guna sirkulasi juga agar rambatan anginnya tidak terlalu besar.
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta, putaran mesin dijaga serendah mungkin Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Alhasil dengan teknik yang kami terapkan, konsumsi bahan bakar berangsur-angsur naik, dari 26,5 sampai 29,9 km/liter.
Sayangnya saat keluar tol dan menuju sirkuit Sentul, kondisi lalu lintasnya padat merayap. Layar multi information display (MID) pun menunjukkan penurunan konsumsi bahan bakar. Yang tadinya bisa menyentuh 30,0 km selama beberapa saat, jadi 29,7 km/liter ketika dicek oleh panitia.
MID Honda Brio menunjukkan konsumsi bahan bakar rata-rata Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Efisiensi BBM Tanpa AC
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, ada tim lain yang lebih irit ternyata. Konsumsi bahan bakarnya bisa menyentuh 30,1 km/liter dalam kondisi AC mati serta jendela tertutup rapat.
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta dalam keadaan AC nyala Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Adapun pada kondisi AC menyala pada blower tingkat 2, kemudian suhunya disetel menengah, serta kecepatan rata-rata 60 km/jam, bisa mencatatkan efisiensi BBM sekitar 25,4 km/liter pada layar MID.
Sebagai catatan, hasil uji irit Honda Brio ini tidak merepresentasikan pengendaraan mobil yang sebenarnya. Jadinya hasil konsumsi bahan bakar bisa jauh berbeda bila dibandingkan dengan gaya pengendaraan sehari-hari tanpa menerapkan teknik uji irit di atas.
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Uji irit Honda Brio melintasi tol lingkar luar Jakarta Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan