Pencarian populer

Tesla Model Y: Fungsionalitas SUV, Performa Sportscar

Tesla Model Y Foto: dok. Tesla

Tesla Model Y memperkuat jajaran mobil listrik mereka di kelas Compact SUV. Model ini hadir dalam konfigurasi Standard Range, Long Range, Dual Motor AWD, dan Y Performance.

Tiga konfigurasi Tesla Model Y —Long Range, Dual Motor AWD, dan Performance— mulai tersedia pada tahun 2020. Sedangkan untuk Standar Range, baru dijual ke konsumen pada tahun 2021.

“Ini punya fungsionalitas layaknya SUV, tapi menawarkan sensasi berkendara layaknya sportscar,” kata CEO Tesla, Elon Musk, seperti dikutip dari Theverge, Jumat (15/3).

Tampang

Tesla Model Y ini mirip-mirip dengan Model 3 dan Model X. Mobil ini mewarisi bentuk fascia yang mirip dengan Model 3. Dia punya lampu utama dengan desain yang cukup besar dan overhang depan yang pendek. Sementara kalau dari belakang, sepintas mirip Model Y karena bentuk lampu belakangnya, meskipun untuk yang ini dibuat agak sedikit lebih besar.

Tesla Model Y Foto: dok. Tesla

Masuk ke dalam, Tesla Model X memiliki opsi konfigurasi kursi untuk tujuh penumpang. Desainnya interiornya khas Tesla yang dibuat minimalis tapi memberikan kesan futuristik. Fitur utama di sini adalah adanya kaca panoramik di atap dan layar horizontal 15 inci yang menjadi pusat untuk infotainment.

Tesla Model Y Foto: dok. Tesla

Langkah Tepat

Menurut Tesla, pencampuran desain Model 3 dan Model X pada Model Y ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan mobil listrik mereka. Apalagi, Tesla menjadi satu-satunya pabrikan yang memiliki jajaran mobil listrik yang terbilang lengkap.

Menurut Executive Director Edmunds, Jessica Caldwell, langkah Tesla memperkuat mobil listrik di segmen SUV sangatlah tepat. Mengingat, mobil jenis ini trennya mengalami peningkatan. Di samping itu, sejumlah merek Jerman pun tengah mengembangkan SUV listrik.

“Apabila Tesla benar-benar ingin menjadi merek mainstream, mereka harus mencari cara bagaimana menjual mobil ini ke konsumen yang bukan anak muda California,” katanya.

Caldwell beranggapan, Model Y merupakan jurus jitu. Sebab, Tesla memiliki basis konsumen anak muda untuk segmen kendaraan premium. Di samping itu, Model X sukses mendapat tempat di pembeli perempuan.

“Bila harga Model Y tepat, menawarkan kabin yang lapang, dan menawarkan keselamatan dan kualitas, (Model Y) punya potensi untuk menjadi mobilnya para keluarga muda,” paparnya.

Tesla Model Y Foto: dok. Tesla

Bedah 3 Konfigurasi Model Y

Kita mulai dengan Tesla Model Y Long Range. Pada konfigurasi ini, jenama asal Amerika Serikat (AS) ini fokus menawarkan kemampuan jarak tempuh hingga 482 km dalam satu kali pengisian penuh.

Di atas kertas, model ini memiliki kemampuan akselerasi 0-96 km/jam dalam 5,5 detik dan kecepatan maksimum 209 km/jam. Soal harga, Tesla Model Y Long Range dipatok mulai dari 47 ribu dolar AS.

Konfigurasi di atasnya ada Tesla Model Y Dual motor AWD. Selain menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh, model ini juga mendapat peningkatan di aspek performanya.

Tesla Model Y Foto: dok. Tesla

Dengan banderol mulai dari 51 ribu dolar AS, akselerasi 0-96 km/jam lebih cepat, yakni bisa dicapai dalam 4,8 detik dengan kecepatan maksimum 217 km/jam.

Sesuai namanya, Tesla Model Y Perfromance menjanjikan kecepatan maksimum 241 km/jam, yang artinya lebih cepat dari dua konfigurasi sebelumnya. Soal akselerasi, 0-96 km/jam cuma butuh 3,5 detik. Kemudian dia juga mengemas sepasang motor listrik bertenaga yang bisa menempuh 450 km dalam satu kali pengisian. Untuk harganya, varian tertinggi dari Tesla Model Y ini dijual mulai dari 60 ribu dolar AS.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: