kumparan
27 Mei 2019 12:28 WIB

Uji 'Cruise Control' Wuling Almaz di Jalur Mudik Jakarta-Semarang

Test drive Wuling Almaz menyusuri jalan off road ringan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Wuling Almaz tahun ini dapat giliran temani redaksi kumparan menjelajah jalur Trans Jawa, merangkum panduan mudik lengkap 2019 Jakarta-Semarang.
ADVERTISEMENT
Medium SUV baru asal China itu, ternyata tak mengecewakan ketika digeber hampir 9 jam lebih di jalan. Selain performa mesin, banyaknya fitur-fitur yang disematkan juga membuat berkendara semakin nyaman.
Memulai perjalan pada 21 Mei 2019 pukul 08:00 WIB, kondisi jalur Trans Jawa memang masih begitu lengang dan belum dipadati kendaraan pemudik, apalagi setelah melewati Tol Cikarang Utama --saat ini Cikampek Utama KM 70.
Suasana gerbang tol Bandar, Jawa Timur. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Tak mau kehilangan momen selagi mendapat giliran mengendarai Almaz, menarik buat mengeksplore salah satu fiturnya yaitu Cruise Control.
Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengemudi bisa dimudahkan ketika menyetir kendaraan tanpa harus menginjak atau menahan pedal gas, pada kecepatan konstan yang diinginkan.
Sehingga kaki driver bisa diistirahatkan terlebih dahulu dalam beberapa saat. Namun, fitur pada Almaz baru bisa diaktifkan saat kecepatan mobil sudah di atas 60 km/jam, jadi sulit digunakan ketika kondisi jalan padat.
Test drive Wuling Almaz menyusuri jalanan berkelok-kelok menuju Bandung dari Sukabumi Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Cara Mengaktifkan

Supaya bisa menikmati kerja fitur ini, pengemudi perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya tak sulit sebenarnya, hanya saja harus ingat urutannya, karena tak hanya menekan satu tombol saja.
ADVERTISEMENT
Khusus pada Almaz, cara pertama adalah dengan menekan tombol cruise control yang ada di sebelah setir kemudi sebelah kiri --bergambar speedometer-- dan seketika itu juga akan muncul ikon cruise control berwarna hijau di layar MID.
Tak cukup sampai situ, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan menekan toggle RES ke arah bawah atau (-). Nah, barulah fitur cruise control mulai bekerja.
Aktifkan fitur cruise control Wuling Almaz. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Pengemudi sudah bisa mengangkat kaki dari pedal gas dan mobil alan melaju konstan, pada kecepatan terakhir yang terbaca oleh sistem komputernya.
Tak perlu khawatir, ketika fitur ini bekerja, kecepatannya juga masih bisa disesuaikan. Hanya tinggal menekan toggle RES (+) untuk menaikkan kecepatan, dan RES (-) menurunkan kecepatan.
Lalu bila ingin menonaktifkan, pengemudi Almaz tinggal menginjak pedal rem atau gas saja, atau cara lainnya dengan menekan tombol cruise control yang sama pada saat awal ingin mengaktifkannya.
ADVERTISEMENT
Perlu diingat, pengemudi jangan lantas terbuai dan kehilangan fokus berkendara. Kaki harus tetap standby bila sewaktu-waktu diperlukan untuk menginjak pedal rem.
Selamat mencoba dan berhati-hatilah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Disponsori oleh
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·