Pencarian populer

Upaya BMW Indonesia Pertahankan Identitas Sport di Seri 3 G20

All New BMW Seri 3 G20 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Setelah lama dinanti-nanti, BMW Group Indonesia akhirnya secara resmi memperkenalkan generasi ketujuh dari BMW Seri 3 pada Rabu (10/7/2018).

Seri 3 bisa dibilang sebagai ikon dari sebuah BMW dan selalu menjadi mobil terlaris di berbagai negara. Pada Seri 3 terbaru ini, BMW menghadirkan Seri 3 varian 330i M Sport yang merupakan varian teratas dari Seri 3 G20.

Keputusan BMW untuk membawa varian teratasnya terlebih dahulu memang cukup berbeda dari biasanya. Biasanya, BMW akan membawa varian di bawahnya terlebih dahulu baru disusul kehadiran varian teratasnya beberapa waktu kemudian.

Pihak BMW Group Indonesia beralasan, keputusan mereka untuk memilih varian teratas dari Seri 3 tersebut tidak terlepas dari keinginan pihaknya yang ingin mengembalikan identitas Sport dari merek BMW di Indonesia.

“Waktu itu saat saya dihadapkan untuk memilih option yang ada, saya berkeinginan untuk mengembalikan lagi semangat sport dari BMW,” jelas Bayu Riyanto, Vice President of BMW Sales Indonesia.

All New BMW Seri 3 G20 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Bayu menerangkan, beberapa model sedan BMW yang saat ini sudah ada di Indonesia memiliki desain yang kental akan sebuah sedan luxury. Oleh karena itu, dirinya menginginkan untuk menghadirkan kembali sebuah sedan sport dari BMW dan dirinya menilai, Seri 3 adalah yang paling pas untuk mencerminkan sedan sport BMW tersebut.

Hal itu juga tidak terlepas dari peran para pemilik BMW Seri 3 generasi-generasi sebelumnya yang ternyata sangat banyak yang lebih menggemari varian M dibandingkan varian standar dari Seri 3.

Memang, jika melihat ke banyaknya generasi-generasi Seri 3 sebelumnya yang beredar di Indonesia, sangat banyak para pemilik BMW Seri 3 yang memodifikasi Seri 3 nya dengan penambahan body kit dan aksesori lain dari jajaran M.

Ilustrasi BMW E30. Foto: Faisal Rahman /kumparan

Selain itu, alasan lain pihaknya memilih varian teratas tersebut juga didasari atas beberapa fitur yang ada didalamnya yang mereka rasa akan sangat cocok dan dibutuhkan untuk pasar di Indonesia.

“Contoh lah salah satu fitur itu yang kemarin agak Saya perjuangkan yaitu fitur Laserlight. Fitur ini ketika Saya coba saat melakukan roadshow jam 1 malam lewat tol ke arah Jawa Tengah. Ternyata, dengan lampu yang Laserlight itu sangat-sangat membantu dan tidak menyilaukan dari lawan arah,” terang Bayu.

All New BMW Seri 3 G20 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Fitur lainnya yang menjadi pertimbangannya adalah fitur Reversing Assistant yang menurutnya akan sangat dibutuhkan untuk kondisi jalanan Indonesia yang banyak terdapat 'gang-gang' sempit. Pengemudi menjadi tidak kesulitan lagi ketika harus menemui jalan buntu atau kendaraan dari lawan arah dan mengharuskannya mundur.

All New BMW Seri 3 G20 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Bayu juga menjelaskan bahwa ke depannya nanti, pihaknya juga akan menghadirkan varian lain di bawah dari varian BMW 330i M Sport tersebut. Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan guna memberikan pilihan bagi para konsumen.

“Sebetulnya nanti juga akan ada 1 model lagi lah ya menyusul sebagai balancer antara yang topline dan varian dibawahnya,” beber Bayu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54