kumparan
3 Sep 2019 20:13 WIB

Wuling Almaz 7-penumpang Dominasi Penjualan Pabrikan

Wuling E100 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Wuling Motors langsung menuai respons positif usai meluncurkan Almaz 7-penumpang pada pameran otomotif GIIAS 2019 lalu. Dua bulan pasca dirilis, penjualannya meroket.
ADVERTISEMENT
Senior Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani menuturkan, meski tidak menyebut angka, atensinya di pasar sudah melebihi ekspektasi.
"Untuk Almaz 7-seater sendiri penerimaannya bagus, langsung mendominasi penjualan. Bahkan menyalip Almaz yang 5-seater," terang Dian saat ditemui di Jakarta, Selasa (3/9).
Wuling Almaz 7-penumpang dengan fitur WIND Foto: Ghulam Muhammad/kumparan
Secara total, Wuling Almaz berkontribusi 52 persen dari keseluruhan penjualan mobil-mobil Wuling. Disusul Wuling Confero yang berkontribusi 35 persen, kemudian dilanjut Wuling Cortez.
"Mobil penumpang kami ada di posisi ke-enam (peringkat penjualan nasional). Kami harapkan tahun ini kami bisa lebih memantapkan dulu keberadaan kami di posisi itu. Kami ingin lebih kuat dulu di posisi enam," tambah Dian.
Kemudian bicara penjualan pada bulan ini, Dian mengklaim sudah mendistribusikan sekitar 1.800 unit mobil Wuling ke diler. "Bulan Juli kami meningkat sampai 2.100 unit, Agustus datanya belum keluar tapi kisarannya lebih dari 1.800 unit," terangnya lagi.
Modifikasi Mobil Wuling Foto: dok. Bangkit Jaya Putra
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang paruh pertama tahun ini, Wuling sudah mendistribusikan 7.767 unit.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut di samping kesuksesan menjual mobilnya itu, Wuling juga berfokus pada pengembangan jaringan purnajual. Targetnya, Wuling akan mendirikan 120 diler di seluruh Indonesia. Tahun ini sudah terealisasi 100 diler.
Tanpa model baru hingga akhir tahun
Empat model sudah dirasa cukup bagi pabrikan buat memantapkan eksistensinya di Tanah Air pada tahap awal ini. Pada portofolionya, ada Wuling Confero, Cortez, Formo (niaga), sampai yang terbaru Almaz.
Wuling Cortez CT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Bicara model baru yang akan diluncurkan mendatang, Dian masih belum mau berkomentar banyak. Potensi menetaskan model city car pun (model yang belum dimiliki Wuling) juga belum diamini Dian.
Hanya saja dirinya memastikan tidak ada model baru hingga penghujung tahun ini. "Enggak, enggak ada model baru lagi sampai akhir tahun," tegas Dian menutup perbincangan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan