kumparan
4 Agu 2019 10:02 WIB

Akibat Liur Anjing, Tangan dan Kaki Seorang Wanita Harus Diamputasi

Ilustrasi anjing. Foto: Asim Bharwani via Wikimedia Commons
Nasib nahas menimpa Marie Trainer, wanita asal negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Ia tak pernah membayangkan harus menjalani amputasi dan serangkaian operasi yang membuatnya terpaksa kehilangan anggota tubuhnya. Menurut anggota keluarga Trainer, penyebabnya tak lain adalah bakteri yang berasal dari air liur anjing peliharaannya sendiri.
ADVERTISEMENT
“Para dokter mengatakan kasus ini seperti sebuah bencana. Entah bagaimana air liur anjing bisa masuk ke sistem organ tubuh Trainer dan membuatnya harus diamputasi,” terang anak tiri Trainer, Gina Premier, seperti diberitakan Medical Daily.
Dari keterangan keluarganya, Trainer mulai merasakan keluhan pada bulan Mei sekembalinya dari perjalanan ke Punta Cana, Republik Dominika. Awalnya, ia mengalami flu ringan. Namun kurang dari 12 jam kondisinya semakin memburuk. Keluarga Trainer yang merasa panik kemudian membawa Trainer ke rumah sakit dan Trainer langsung diperiksa di Unit Gawat Darurat.
Menurut diagnosa dokter yang memeriksanya saat itu, Trainer dinyatakan mengalami gagal ginjal. Meskipun tim dokter juga belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebabnya. suami Trainer kemudian membawa sang istri ke rumah sakit yang berbeda untuk mendapatkan perawatan yang lebih menjanjikan.
Ilustrasi rumah sakit Foto: Pxhere
Trainer pun dibawa ke Rumah Sakit Aultman di Canton, Ohio, tempat anak tirinya bekerja sebagai perawat. Para dokter di sana merawat Trainer yang koma selama hampir 10 hari.
ADVERTISEMENT
"Kami tidak tahu apakah dia akan bertahan hidup atau mati karena kami tidak tahu apa yang terjadi padanya," kata Premier setelah mengetahui bahwa ibu tirinya harus diamputasi untuk bertahan hidup. "Kami tidak tahu apa penyebabnya, yang jelas bakteri yang masuk ke organ tubuh menyebabkan anggota tubuhnya tak berfungsi."
Setelah tim medis melakukan pemeriksaan mendalam terhadap kondisi Trainer, terungkap bahwa Trainer menderita capnocytophaga, infeksi darah yang biasanya disebabkan oleh air liur anjing dan kucing. Selain akibat air liur, infeksi tersebut juga bisa disebabkan oleh goresan, gigitan, atau bahkan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi.
Ilustrasi anjing. Foto: Shutter Stock
Sejauh ini, Trainer sudah menjalani delapan kali operasi. Sebagian kaki dan tangannya telah diamputasi.
Ke depan, Trainer mungkin akan membutuhkan lebih banyak operasi atau amputasi lagi. Meski demikian, Trainer tak kehilangan semangat hidupnya dan terus berjuang melawan penyakitnya ini. Ia begitu bersemangat menjalani perawatan dan tak sabar untuk bisa keluar dari rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan