Pencarian populer

Fakta Unik soal Kebiasaan 'Aneh' Kucing dan Anjing

Kucing dan Anjing (Foto: Pixabay)

Kucing dan anjing adalah dua hewan peliharaan favorit manusia. Keduanya lucu dan menggemaskan sehingga tak heran kalau kita sering melihat video atau foto mereka di dunia maya.

Meski lucu, tidak jarang kita bertanya-tanya dengan tingkah laku si kucing atau anjing yang tidak kita mengerti. Seringkali kita lihat si ‘Meong’ dan si ‘Guguk’ ini melakukan hal-hal 'aneh' yang mengundang rasa penasaran kita untuk mengetahui maksud di baliknya.

Yuk, kita pahami lebih jauh alasan dari tingkah laku mereka.

Kenapa kucing tidak mau mandi?

Bagi kalian yang memelihara kucing, pasti paham bagaimana sulitnya memandikan kucing.

Ini dikarenakan kucing benci pada air dan bulu-bulu mereka membutuhkan waktu lama untuk mengering. Kucing tidak suka kalau bulu-bulu mereka basah terlalu lama.

Dilansir Animal Planet, menurut Kelley Bollen, Kepala Jurusan Tingkah Laku Hewan di College of Veterinary Medicine Cornell University, kucing lebih suka berada di tempat yang datar, sehingga ketika berendam di air, mereka merasa seperti mengapung dan kucing tidak suka itu.

Kucing yang menggemaskan (Foto: Tisiana Triwina/kumparan)

Kucing tidak seperti anjing yang berevolusi dari hewan liar yang kemudian dijinakkan. Sejak awal, kucing memang sudah menjadi peliharaan manusia, sehingga kucing memiliki tempat tinggal yang terlindung dari hujan.

Tapi, tidak semua kucing benci pada air. Jenis kucing turkish van, misalnya, malah menyukai air karena leluhur mereka juga suka berenang di danau ketika musim panas.

Kenapa kucing suka sekali meregangkan badan?

Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur atau duduk diam, hal ini membuat aliran darahnya menjadi tidak lancar.

Sama seperti manusia kalau sudah duduk atau tidur terlalu lama, meregangkan badan dapat melancarkan peredaran darah dan mengaktifkan otot.

Selain itu, meregangkan badan juga membantu kucing untuk mengeluarkan racun dan kotoran yang menumpuk karena terlalu lama berdiam diri.

Kenapa anjing berputar-putar sebelum berbaring?

Dilansir Live Science, Leslie Irvine, penulis buku ‘If You Tame Me: Understanding Our Connection With Animals', mengatakan perilaku anjing yang senang berputar-putar sebelum berbaring ternyata ada hubungannya dengan evolusi.

Berputar-putar sebelum berbaring dilakukan oleh leluhur anjing yang masih liar untuk membuat sarang dari rerumputan yang sudah diinjak-injak. Dengan melakukan ini, anjing liar juga dapat mengusir ular atau serangga yang bisa mengganggu tidur mereka.

Anjing Pitbull (Foto: Max Pixel)

Sarang juga bisa menjadi penanda wilayah mereka sehingga anjing lain tidak akan mengganggu.

Kenapa anjing tidak boleh makan cokelat?

Seperti kita ketahui, anjing tidak boleh diberi makan cokelat. Kenapa? Karena cokelat mengandung thobromine dan kafein yang dapat membuatnya mengeluarkan banyak liur, muntah-muntah, dan diare.

Selain itu, detak jantung anjing yang memakan cokelat bisa menjadi tidak beraturan yang menyebabkan suhu tubuhnya turun. Lebih parah lagi, makan cokelat bisa membuat anjing mengalami kejang-kejang, koma, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Karena itu, bila anjingmu memakan cokelat, segera bawa ke dokter hewan.

Kenapa kucing mengubur kotorannya sementara anjing memakan kotorannya?

Ini adalah jawaban buat kamu yang sering mempertanyakan alasan kucing mengubur kotorannya sendiri.

Meskipun kucing adalah hewan pemburu, tubuh kucing cenderung kecil. Karena itu, untuk menghindari predator lain yang lebih besar, kucing akan mengubur kotorannya agar tidak tercium oleh musuh.

Kucing dan Anjing (Foto: Pixabay)

Sementara tingkah laku anjing yang memakan kotorannya sendiri kemungkinan disebabkan adanya masalah kesehatan seperti diabetes atau Cushing’s Syndrome yang menimbulkan lapar berlebihan. Lebih parah lagi, anjing yang makan kotorannya sendiri kemungkinan kekurangan nutrisi.

Namun, bukan berarti anjing yang sehat tidak melakukan ini. Kadang-kadang anjing yang sehat juga melakukannya, terutama pada anjing yang sudah menjadi ibu. Mereka menjilat anus serta alat kelamin anaknya untuk membersihkan serta merangsang agar anak anjing tersebut bisa buang air.

Kenapa kucing senang ‘menekan-nekan’?

Kalian mungkin sering melihat kucing peliharan kalian menekan-nekan bantal atau benda lain yang lembut dengan kaki depannya.

Ini mungkin kebiasaan yang belum ditinggalkan sejak mereka masih anak-anak. Anak kucing menekan-nekan sekitar puting susu ibunya untuk merangsang keluarnya air susu.

Ilustrasi Kucing (Foto: Pixabay)

Teori lain menyebutkan, kucing senang menekan-nekan karena leluhur mereka melakukan hal ini untuk membuat sarang dari dedaunan. Atau bisa juga, kucing melakukan hal ini untuk meregangkan badan.

Kenapa anjing menggerakkan dan mengejar buntutnya sendiri?

Menggerakkan buntut merupakan cara anjing berkomunikasi. Ketika mereka merasa senang, anjing akan menggerakkan buntutnya dengan cepat.

Bahkan, arah ke mana anjing menggerakkan buntutnya bisa memiliki arti. Buntut yang bergoyang lebih ke kanan menunjukkan anjing sedang merasa positif, sementara buntut yang digerakkan ke kiri menunjukkan anjing merasa negatif.

Anjing jenis Golden Retriever di kontes. (Foto: Reuters/Mike Segar)

Sementara sikap anjing yang senang mengejar buntutnya sendiri merupakan perilaku peninggalan leluhurnya. Apabila kebiasaan mengejar buntut sendiri ini dilakukan berlebihan, bisa jadi anjingmu memiliki OCD atau Obsessive Compulsive Behaviour.

Benarkah kucing selalu mendarat dengan kakinya?

Inilah salah satu keistimewaan kucing. Dijatuhkan dari ketinggian berapapun, kaki kucing akan selalu mendarat lebih dulu.

Kucing memang mahir berakrobat karena memiliki keseimbangan yang sangat baik dan tulang belakang mereka yang lebih banyak dari manusia membuat kucing lebih fleksibel. Tulang belakang kucing membuat mereka bisa berputar ketika jatuh sehingga kaki mereka akan selalu mendarat terlebih dahulu.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33