Pencarian populer

Kucing Bisa Kenali Nama Panggilan yang Diberikan Manusia

Beri kucing makan dan minum sebelum pergi. Foto: congerdesign via PIxabay
Mereka yang memelihara kucing pasti punya nama panggilan sayang bagi si hewan lucu. Ternyata, meski kucing sering bersikap acuh terhadap nama panggilannya, hewan ini sebenarnya cukup pintar untuk mengenali nama yang disematkan untuk dirinya.
ADVERTISEMENT
Hal ini diungkap oleh Atsuko Saito dan timnya dari Sophia University, Jepang. Saito melakukan riset untuk menguji kemampuan sejumlah kucing dalam memahami nama yang manusia gunakan untuk memanggil mereka.
Hasil riset ini telah dipublikasikan di jurnal Scientific Reports. Dalam riset ini, Saito dan timnya mempelajari reaksi masing-masing kucing ketika mendengar nama panggilannya.
Mereka lalu membandingkan reaksi si kucing ketika dipanggil dengan kata yang memiliki panjang yang sama. Tim peneliti juga mempelajari si kucing ketika dipanggil dengan nama panggilan kucing lainnya.
Ilustrasi Kucing Foto: Pexels
Para periset menemukan bahwa sebagian besar kucing menunjukkan kepintaran untuk memahami nama panggilannya. Mereka akan menggerakkan telinga dan kepalanya dengan lebih kuat ketika nama mereka disebut.
Para peneliti mengatakan, para kucing ini tidak menggerakkan ekor atau mengeluarkan respons suara ketika nama mereka dipanggil. Tapi sesungguhnya mereka mendengar panggilan tersebut karena hal itu terlihat dari respons pada telinga dan kepala mereka.
ADVERTISEMENT
Menurut para peneliti, sebagaimana dilansir IFLScience, riset ini mengungkap hal baru mengenai komunikasi kita dengan hewan yang telah menjadi teman bagi banyak orang tersebut. Namun masih banyak yang belum kita ketahui soal komunikasi antara kucing dan manusia.
Bocah pecinta kucing Foto: Ochi/kumparan
Riset ini mengungkap bahwa kucing cukup sensitif dengan emosi pemiliknya. Selain itu, riset juga menemukan bahwa kucing punya kemampuan membedakan antara suara orang yang memeliharanya dengan orang lain.
Riset juga menemukan suara kucing jenis mana yang paling nyaman bagi telinga manusia. Menurut riset, suara dari kucing Felis catus adalah yang paling nyaman di telinga kita.
Dan, kesimpulan utama dari riset ini adalah, kucing-kucing peliharaan sebenarnya bisa mengerti ketika kita memanggil nama mereka. Hanya saja, mungkin, mereka memilih untuk mengacuhkannya. Yes, they are hearing, but not listening.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80