Pencarian populer

Melihat Tupai Malabar, Hewan Asli India yang Punya Warna Pelangi

Tupai Malabar Foto: instagram/kaushik_photographs

Jika selama ini kamu hanya pernah melihat tupai yang berwarna abu-abu dan meyakini hanya itu warna yang tupai punya, kamu mesti melihat tupai malabar. Tupai raksasa asli India ini memiliki warna laiknya pelangi.

Potret hewan menggemaskan ini sempat diabadikan oleh seorang fotografer amatir bernama Kaushik Vijayana. Ia mengambil momen langka itu ketika si tupai pelangi sedang memakan biji-bijian di atas sebuah pohon.

Tak lama setelah foto-foto menakjubkan tupai malabar yang memiliki nama ilmiah Ratufa Indica ini diunggah di akun instagram milik Vijayana, dan foto-foto ini langsung viral dan mendapatkan respons positif dari para pengguna internet.

Loading Instagram...

Vijayan sendiri mengambil foto-foto itu ketika berkunjung ke Distrik Pathanamthitta yang berlokasi di ujung barat daya India. “Saya sangat kagum dengan kecantikan tupai tersebut,” kata Vijayan kepada CBC News, seperti dikutip dari Science Alert. “Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan untuk dilihat,” imbuhnya.

Bagi kita, tupai malabar mungkin terlihat asing. Namun, bagi para ahli zoologi dan penduduk setempat, tupai yang memiliki panjang sekitar satu meter ini sudah lama diketahui. Bahkan, hewan yang memiliki warna indah ini diperkirakan telah menempati wilayah tersebut selama ribuan tahun.

Secara alami, tupai-tupai yang ada di belahan negara lain memiliki warna yang lebih monton, seperti warna abu, cokelat, merah, dan hitam. Namun, yang jadi pertanyaan, kenapa tupai India memiliki warna yang lebih beragam ketimbang tupai-tupai lainnya?

Loading Instagram...

Menurut para peneliti, warna pelangi yang dimiliki tupai malabar kemungkinan besar merupakan cara mereka untuk membingungkan pemangsa. Mungkin juga warna itu digunakan untuk menarik perhatian pasangannya.

Hewan ini sempat dikategorikan sebagai hewan yang rentan punah sekitar 20 tahun lalu. Beruntung, kini habitat dan populasi tupai malabar di semenanjung India berada dalam kondisi cukup baik.

Loading Instagram...

Untuk menemukan tupai malabar, kamu harus menengadahkan kepala ke atas karena tupai ini sering menghabiskan waktunya di atas pohon untuk bersembunyi dari pemangsa. Saat bergerak, tupai ini sering melompat dari satu pohon ke pohon lain dengan jangkauan hingga enam meter.

Kalau tak bisa melihatnya secara langsung, mungkin kamu bisa menunggu Vijayan kembali ke India untuk menangkap foto-foto menakjubkan lainnya dari tupai malabar ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55