Pencarian populer

Mencium Lama Aroma Junk Food Bisa Kurangi Keinginan untuk Memakannya

Junk Food (Foto: Pixabay)

Ternyata ada cara mudah bagi kita untuk menahan diri dari memakan junk food atau makanan rendah gizi yang biasanya berupa makanan cepat saji. Riset terbaru yang dipublikasikan di Journal of Marketing Research menunjukkan cara tersebut.

Menurut hasil riset tersebut, mencium aroma junk food berlama-berlama bisa mengurangi keinginan untuk makan junk food dan malah mendorong kita untuk memilih makanan yang lebih sehat.

Dalam riset ini berbagai eksperimen dilakukan dalam berbagai macam keadaan dan menggunakan nebulizer, alat untuk menghasilkan aroma dari makanan yang dikategorikan sebagai junk food serta makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat seperti apel dan stroberi.

Percobaan pertama dilakukan di sebuah kafetaria sekolah yang melayani 900 siswa. Dalam percobaan ini, aroma pizza di kafetaria tersebut digunakan.

Ilustrasi anak makan junk food. (Foto: Thinkstock)

Saat mencium aroma pizza cukup lama, hanya 21 persen siswa yang membeli makan makanan yang tidak sehat seperti keripik, hot dog, dan ayam goreng. Sebaliknya, ketika mencium aroma apel cukup lama, siswa yang membeli makanan tidak sehat justru meningkat menjadi 40 persen.

Adapun saat tidak mencium aroma apapun, jumlah siswa yang membeli makanan tidak sehat adalah 36 persen.

Ilustrasi anak makan junk food. (Foto: Thinkstock)

Percobaan lain juga dilakukan di laboratorium pada 250 orang. Saat mereka diminta mencium aroma cookies selama 30 detik, 45 persen dari mereka lebih memilih untuk makan camilan daripada buah stroberi. Sementara saat mencium bau cookies selama dua menit, jumlah yang memilih camilan turun menjadi 22 persen.

Eksperimen lain yang dilakukan lagi dengan melibatkan aroma pizza dan apel juga menunjukkan bahwa semakin lama mencium bau pizza justru membuat orang-orang tidak ingin memilih memakan junk food.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aroma makanan lezat memang cukup kuat untuk membangkitkan selera makan, tapi jika terlalu lama dicium aromanya maka keinginan kita untuk makan makanan tersebut akan semakin menurun, mungkin karena sudah cukup terpuaskan.

"Kami menduga hal ini terjadi karena aroma makanan yang memenuhi sirkuit kepuasan di otak mengurangi dorongan untuk benar-benar mengkonsumsi junk food yang sebenarnya," tulis peneliti dalam paparan hasil riset mereka, seperti dikutip oleh Time.

Ilustrasi anak makan junk food. (Foto: Thinkstock)

Teknik mencium aroma junk food ini mungkin bisa kamu coba bila kamu ingin makan makanan yang lebih sehat.

Jika kamu mencium aroma junk food yang menggoda lidahmu, janganlah langsung membelinya, Tapi ciumlah aroma junk food itu selama beberapa menit dulu hingga keinginanmu untuk makan junk food tersebut berkurang dan hilang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33