Pencarian populer

Mengenal Jenis Pisang Seribu yang Menghebohkan Warga Depok

Pisang Seribu (Foto: Instagram @dewicandraningrum)
Baru-baru ini warga Depok dihebohkan dengan pisang seribu yang memiliki tandan sepanjang tiga meter lebih, bahkan hampir menyentuh tanah. Warga menganggap pisang seribu itu merupakan pohon langka karena jarang mereka temui.
ADVERTISEMENT
Setiap hari warga berdatangan ke rumah Said, pemilik pisang seribu, untuk mengambil foto. Mereka bertanya-tanya, mengapa bentuk buah pisang di Depok ini berbeda dari yang lainnya.
Pohon pisang seribu di Depok (Foto: Instagram/ @said_bhedul_02)
Setelah ditinjau, pohon pisang unik itu pada realitasnya bukanlah pohon satu-satunya. Di berbagai tempat lainnya, juga ada pohon pisang seribu ini.
"Terkait pisang seribu, itu hal yang wajar, kalau baru muncul di lingkungan yang tadinya barang tersebut tidak ada terus jadi heboh. Asal dalam batas kewajaran," ungkap Dr. Agus, peneliti Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu), kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (17/2).
Pisang seribu tidak hanya tumbuh di Indonesia. Di beberapa kawasan lain di Asia Tenggara pisang seribu dapat dijumpai. Namun, kemunculan pisang seribu tetap menjadi primadona bagi warga yang berada di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
"Pisang ini bukan hal yang aneh, karena keberadaanya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga ditemukan di negara Asia Tenggara lainnya seperti di Malaysia, Thailand, dan lain lain. Bahkan, dikoleksi kebun CIRAD di Guadeloupe, Prancis, juga ada," tambah Agus.
Loading Instagram...
Dari segi ilmiah, pisang seribu merupakan hasil persilangan alami dari dua jenis pisang.
"Untuk pisang seribu masih merupakan hasil persilangan alami dari Musa acuminata dan Musa balbisiana sehingga secara internasional disandi dengan genom AAB (triploid)," jelas Agus.
Agus menyebut, buah dari pisang seribu ini aman untuk dikonsumsi. Namun, buah pisang seribu menurutnya kurang komersial di pasaran karena ukurannya yang kecil.
"Tidak ada masalah (dikonsumsi). Saya juga pernah makan dan saya bikin sale pisang, tapi ukuran buahnya 3-5 cm saja. Karena buahnya berukuran kecil sehingga kurang komersial, dan kurang berkembang dan hanya digunakan untuk tanaman hias saja."
ADVERTISEMENT
"Padahal rasa buahnya manis seperti pisang kepok," terang Agus.
Buah pisang seribu tersusun rapi dan tandannya memanjang hingga hampir menyentuh permukaan tanah. Ukuran tandan akan tergantung dengan kesuburan tanaman.
Oleh karena tandannya yang panjang, buah pisang seribu tidak matang secara keseluruhan dalam sekali waktu. Umumnya, bagian atas akan matang terlebih dahulu baru disusul oleh pisang di bagian bawah. Di ujung buah ini terdapat jantung pisang, sama dengan pisang lain pada umumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81