kumparan
15 Mar 2019 8:09 WIB

Sebuah Trik Matematika Ramai Tersebar, Tak Pernah Diajarkan di Sekolah

Simbol Matematika Foto: Pixabay/Pixapopz
Sebuah trik matematika ramai tersebar di Twitter. Trik ini menjadi viral karena dianggap sangat berguna, tapi sayangnya tidak pernah diajarkan di sekolah.
ADVERTISEMENT
Banyak warganet bertanya “mengapa trik matematika ini tidak diajarkan di sekolah?” Padahal, trik ini bisa menghemat waktu seseorang saat mengerjakan soal-soal matematika terkait perhitungan persentase.
Bagi banyak orang, perhitungan persentase adalah sesuatu yang rumit, bahkan meski mereka dibekali kalkulator sekalipun. Coba saja misalnya kamu hitung dengan kepalamu sendiri, berapa 14% dari 84? Sebagian dari kamu mungkin akan langsung malas membuka situs kumparanSAINS ini.
Nah, ternyata ada trik sederhana terkait perhitungan persentase ini. Trik matematika ini baru mulai ramai tersebar pada awal Maret 2019. Sebagaimana dilansir IFLScience, hal ini bermula ketika “jagoan matematika” Ben Stephens men-tweet trik ini di akun Twitternya.
“Trik kecil yang menarik, untuk melakukan persentase:
x% dari y = y% dari x
ADVERTISEMENT
Jadi, misalnya, jika Anda perlu menghitung 4% dari 75 di kepala Anda, cukup balikkan dan lakukan 75% dari 4, ini lebih mudah.”
Begitulah yang ditulis oleh Ben Stephens di cuitan Twitternya.
Banyak warganet terkejut dengan trik yang begitu sederhana dan bisa sangat bermanfaat ini. Namun banyak pula yang marah dan kecewa karena baru mengetahui ada trik sederhana ini.
Jawaban dari contoh soal yang diberikan Ben tentu saja adalah 3. Nilai ini jauh lebih mudah untuk diketahui ketika kita menghitung 75 persen dari 4, bukan 4 persen dari 75.
Ben men-tweet lebih banyak contoh lainnya.
"18% dari 50 terasa sulit untuk dihitung," tulisnya, dan dia benar kalau dilihat sekilas. "Tapi 50% dari 18 itu sangat mudah, kan?"
ADVERTISEMENT
Ya, sangat mudah, 9!
Jika kamu belum pernah mendengar trik ini, jangan malu, kamu tidak sendirian. Terlepas dari ada beberapa orang yang kesal karena baru tahu trik ini, kebanyakan orang termasuk beberapa orang yang bekerja sebagai ahli matematika, berterima kasih kepada Ben atas trik matematika yang belum pernah mereka dengar ini.
"Ternyata hampir semua orang mendapatkan 3 x 5 = 5 x 3," tulis Ben di Twitter. "Tetapi kita tidak pernah berpikir (atau diajari) untuk memikirkan menghitung persentase sebagai operasi perkalian."
Tentu saja trik ini tidak membuat setiap persentase lebih mudah untuk dihitung. Tetapi untuk persentase lainnya yang sebenarnya bisa dibuat sederhana, ketika kamu tidak memiliki kalkulator, trik ini tentulah akan sangat berguna.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan