kumparan
18 Agu 2019 8:22 WIB

Seekor Ular yang Kelaparan Telan Tubuhnya Sendiri

Ilustrasi ular. Foto: Pixabay
Baru-baru ini, beredar video di Facebook yang memperlihatkan seekor ular sedang berusaha memakan tubuhnya sendiri. Ular itu berhasil menelan hampir setengah tubuhnya sebelum ia diselamatkan.
ADVERTISEMENT
Dalam video tersebut, terlihat Jesse Rothacker dari Forgotten Friend Reptile Sanctuary di Pennsylvania, berusaha membebaskan tubuh si ular dari rahangnya sendiri. Namun predator yang kelaparan itu menolak dan justru mencoba memakan lebih banyak tubuhnya.
Menurut Rothacker, ular yang ada di dalam video tersebut merupakan ular jenis kingsnakes, yang diberi nama Kronos. Ia dibawa ke tempat penangkaran beberapa bulan lalu setelah pemiliknya pergi melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kronos berusia sekitar 5 tahun dengan panjang 1,5 meter.
“Menurut sejarah, ular ini memiliki kebiasaan menjadi pemakan agresif dan telah diamati selama bertahun-tahun bahwa mereka terkadang menggigit dirinya sendiri, meski dalam lingkungan yang nyaman,” kata Rothacker, seperti dikutip dari Newsweek.
Meski begitu, kata Rothacker, jarang sekali seekor kingsnakes yang menelan tubuhnya. “Seperti yang bisa kamu lihat, dia tidak hanya menemukan ular untuk dimakan. Dia tidak hanya menggigit dirinya sendiri. Ular malang ini sebenarnya sedang dalam proses menelan ekornya sendiri," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Rothacker kemudian melakukan upaya penyelamatan dengan cara mengetuk hidung Kronos dan melonggarkan rahangnya. Kronos mulai memuntahkan ekor, sampai akhirnya terbebas.
“Lihat seberapa banyak dia memakan tubuhnya. Dia pasti menelan hampir setengah dari badannya. Itulah yang terjadi ketika seekor Kingsnakes kelaparan,” ujar Rothacker.
Usai terbebas, Rothacker kemudian memberi Kronos seekor tikus beku yang telah mencair. Kronos langsung memakannya dengan lahap. Rothacker mengatakan, beberapa orang berpendapat bahwa peristiwa Kronos memakan dirinya sendiri karena mungkin dia stres.
“Kami ingin menunjukkan bahwa ular ini tidak menunjukkan tanda-tanda stres. Sebab ia memiliki banyak akses makanan dan air serta gua untuk bersembunyi, sama seperti semua ular yang kami miliki,” ungkap Rothacker.
Kingsnakes sendiri adalah predator oportunis tidak berbisa yang membunuh mangsanya dengan cengkraman. Mereka diketahui sering memakan ular lain, termasuk ular berbisa, dan terkadang mereka salah tafsir dengan mengira ekornya adalah makanan. Biasanya mereka menggigit ekornya sendiri dan kemudian menyadari kesalahannya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·