Pencarian populer

Tak Disangka, Seekor Tupai Bisa Menang Lawan Ular dan Memakannya

Tupai batu sedang mencekik leher ular memakai kedua kakinya. Foto: Guadalupe Mountains National Park/William Leggett

Ketika kamu menyaksikan pertempuran antara tupai dan ular, kamu mungkin akan menyangka ular lah yang akan keluar sebagai pemenang. Namun tidak demikian dalam sebuah peristiwa yang tertangkap kamera ini. Peristiwa yang terjadi pada 2009 lalu ini telah menunjukkan bahwa seekor tupai juga dapat memenangkan pertarungan melawan seekor ular, dan bahkan kemudian memakan hewan reptil tersebut.

Momen itu diabadikan oleh William Leggett, penjaga hutan di Taman Nasional Pegunungan Guadalupe, Texas Barat. Foto-foto yang berhasil ditangkap kamera William menunjukkan bagaimana seekor tupai batu (Otospermophilus variegatus) memegang kepala seekor ular cambuk gurun (Masticophis taeniatus) menggunakan kedua kaki depannya.

Tupai batu adalah salah satu hewan terbesar di dalam famili Sciuridae. Hewan ini memiliki panjang hingga 50 sentimeter. Sedangkan ular cambuk gurun, yang menjadi korbannya, bisa memiliki panjang hingga 183 sentimeter.

Tupai batu sedang menggigit kepala ular cambuk gurun. Foto: Guadalupe Mountains National Park/William Leggett

Menurut pengamatan Leggett, tupai batu yang ada di dalam fotonya merupakan tupai betina yang sedang menyusui sehingga ia sangat defensif. Fakta ini menandakan bahwa bayi tupai mungkin berada di dekatnya.

“Saya mendengar keributan dan pergi keluar untuk menyelidiki, ketika saya melihat, ular dan tupai sudah berkelahi. Setelah tupai memenangkan pertempuran, dia hanya mengambil keuntungan dari makanan yang enak,” ujar Leggett, seperti dikutip dari IFL Science.

Meski pada umumnya tupai batu lebih sering memakan daun, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan, namun mereka juga hewan omnivora atau pemakan segala yang terkadang juga memangsa serangga, telur burung, kadal, hingga ular.

Tupai batu memakan ular cambuk gurun yang sudah tidak berdaya. Foto: Guadalupe Mountains National Park/William Leggett

Elizabeth Jackson, petugas informasi publik di Taman Nasional Pegunungan Guadalupe, mengatakan bahwa kejadian tupai memakan ular sebenarnya bukan hal yang aneh. Akan tetapi, kejadian seperti itu memang sangat jarang bisa tertangkap kamera.

Maka dari itu, ketika foto-foto hasil jepretan Leggett ini dilihat oleh banyak orang awam, mereka akan terkejut. "Sangat menarik untuk melihat apa yang kebanyakan orang tidak saksikan," katanya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63