• 0

Jakarta Equestrian Park: Rampung Mei, Sediakan 156 Kandang Kuda

Jakarta Equestrian Park: Rampung Mei, Sediakan 156 Kandang Kuda


Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas.

Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Semua venue berbenah jelang Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang, termasuk Jakarta Equestrian Park. Meski belum bisa digunakan, lahan berkuda ini nantinya siap menampung 156 kuda.
Ya, kandang seluas 3x3,5 meter disediakan sebagai salah satu kawasan dalam equestrian yang terletak di Pulomas, Jakarta Timur itu. Kandang-kandang itu sendiri terbagi dalam empat blok bangunan.
"Jumlahnya total 156 kandang untuk menampung kuda tamu yang akan datang sekitar 100-123 dari seluruh wakil negara Asia," ungkap Direktur Utama PT Pulomas Jaya, Bambang Mursalin, Selasa (3/4/2018).

Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas.

Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Adapun, Jakarta Equestrian Park ini ditargetkan rampung 100% pada pertengahan Mei, kurang lebih tiga bulan sebelum Asian Games 2018 dihelat.
"Hingga hari ini, pembangunan equestrian Pulomas sudah 95%. Yang tersisa adalah lapangan parkir outdoor, karena spesial footing material tinggal menunggu datangnya pasir dan bahan mix import dari Jerman. Juga ada pembenahan cross country arena yang sebentar lagi selesai," kata Bambang.
Nah, selain kandang kuda, equestrian juga memiliki tribune utama empat lantai dengan desain modern berkapasitas 1.000 penonton untuk outdoor dan 500 untuk penonton VIP. Keseluruhan lahan sendiri dibangun dengan total anggaran Rp 417 miliar.
"Kendala yang berarti tak ada. Selama ini cuaca yang menghambat penyelesaian konstruksi bangunan, karena kemudian kendala yang cukup berarti adalah import material," ucap Bambang.
Di Jakarta Equestrian Park, tersedia pula equine clinic, kandanh isolasi, dormitory dengan 91 kamar, horse walker, dan tempat latihan. Di Asian Games ke-18 tahun ini, cabang olahraga berkuda sendiri memiliki tiga disiplin yakni equestrian dressage, eventing, dan jumping.


SportsAsian GamesJakartaKemenpora

presentation
500

Baca Lainnya