Pencarian populer

Lando Norris Gantikan Stoffel Vandoorne di Kursi Pebalap McLaren

Pebalap anyar McLaren, Lando Norris. (Foto: Mark Thompson/Getty Images)

Kursi pebalap McLaren untuk Formula 1 musim 2019 akhirnya penuh. Setelah mengumumkan nama Carlos Sainz Jr. sebagai pengganti Fernando Alonso, Senin (3/9/2018) ini, McLaren mengumumkan nama Lando Norris untuk menggantikan tempat Stoffel Vandoorne.

Dua pebalap McLaren pada musim 2018 ini, Alonso dan Vandoorne, memang memutuskan angkat kaki di akhir musim. Karena itulah tim yang bermarkas di Inggris ini langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti dan didapatlah Sainz serta Norris.

Untuk Norris, dia diangkat jadi pebalap utama setelah pada musim 2018 ini berstatus sebagai pebalap tes McLaren. Di tahun ini pula, dia masih membalap di ajang Formula 2--ajang balapan yang kelasnya satu tingkat di bawah Formula 1.

Menilik rekam jejaknya musim ini, pebalap asal Inggris itu punya capaian yang cukup baik. Bersama tim Carlin, dari 20 balapan yang telah berlangsung Norris sukses berada di posisi dua klasemen pebalap. Terutama setelah dia berhasil memenangi satu balapan plus tujuh kali berdiri di atas podium.

Pada tahun 2013, pebalap berusia 18 tahun itu juga sukses mencatatkan prestasi gemilang setelah berhasil jadi kampiun di ajang Formula 3. Progres apik Norris sebagai pebalap itulah yang membuat McLaren yakin untuk mengangkatnya sebagai pebalap utama.

Terlebih lagi, sebagai pebalap tes dan sosok yang jadi bagian dalam McLaren Young Driver Programme, Norris juga sudah mengenal betul karakter mobil yang akan ditungganginya tahun depan. Kelebihan ini tentu diharapkan membuat Norris tak perlu banyak adaptasi lagi.

Bagi Norris sendiri, bisa menjadi pebalap Formula 1 jelas bak mimpi jadi kenyataan. Apalagi setelah merasakan mobil Formula 1 dalam tes, mulai tahun depan dia bisa mengendarai jet darat McLaren pada seluruh balapan sepanjang musim.

"Setelah diumumkan sebagai pebalap McLaren adalah mimpi yang jadi kenyataan. Meskipun saya telah jadi bagian dari tim untuk sementara waktu, ini adalah momen spesial, yang saya hanya bisa berharap bisa benar-benar menjadi nyata," ujarnya dilansir situs resmi Formula 1.

"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim atas kesempatan luar biasa ini dan untuk memercayai saya. Saya juga sangat berterima kasih atas komitmen yang telah ditunjukkan McLaren dalam perkembangan saya, memungkinkan saya untuk membangun pengalaman saya bersama mobil Formula 1," pungkas Norris.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57