kumparan
26 Mar 2019 13:55 WIB

McGregor: Saya Pensiun dari MMA

Conor McGregor. Foto: REUTERS/Steve Marcus
Sejak kalah dari Khabib Nurmagomedov, Oktober 2018 lalu, Conor McGregor tak pernah mentas lagi di ring oktagon. Petarung Irlandia itu harus menerima suspensi dari UFC gara-gara kaos yang terjadi selepas pertarungan.
ADVERTISEMENT
Sempat diwartakan sejumlah rencana pertarungan setelah McGregor kembali, di antaranya duel ulang dengan Nate Diaz dan laga melawan Anthony Pettis. Namun, asa penggemar UFC untuk menikmati wacana duel akbar tersebut dipastikan pupus.
Ya, sebelum suspensinya berakhir, McGregor justru mundur dari dunia tarung bebas. Ketetapan ini merupakan kejutan karena McGregor baru berumur 30 tahun saat mengumumkannya.
"Hai, ada pengumuman kilat. Hari ini, saya memutuskan pensiun dari olahraga yang dikenal dengan nama mixed martial arts (MMA)," tulis McGregor di akun Twitter pribadinya.
McGregor. Foto: Reuters/Lucy Nicholson
"Saya akan bergabung dengan rekan-rekan petarung yang sudah pensiun. Sementara untuk eks kolega, saya mendoakan yang terbaik untuk kalian di kompetisi ini," ujarnya.
Tidak diketahui apa alasan di balik keputusan McGregor. Yang pasti, pengumuman tersebut muncul hanya beberapa hari setelah kabar kurang menyenangkan tentang dirinya. Dia sempat ditangkap di Miami, Amerika Serikat, gara-gara merusak ponsel penggemar yang hendak mengambil foto.
ADVERTISEMENT
Kabar tersebut telah dikonfirmasi pengacara McGregor, Samuel J Rabin. Dan, menurut sang kuasa hukum, McGregor akan bersikap kooperatif selama proses peradilan.
Kembali lagi ke keputusan McGregor pensiun, ini agak disayangkan untuk petarung dengan rapor apik berupa 21 kemenangan dari 25 duel. Terlebih lagi, dia tak mampu menutup karier dengan manis karena terakhir takluk dari Khabib.
Pertandingan antara Khabib Nurmagomedov (sarung tangan merah) melawan Conor McGregor (sarung tangan biru) di T-Mobile Arena. Foto: Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports via Reuters
Selain Khabib, Nate Diaz menjadi petarung lain yang meraih kemenangan dalam empat duel terakhir McGregor. Adapun, dua duel lain melawan Nate Diaz (ulangan) serta Eddie Alvarez berakhir untuk kemenangan The Notorious.
Itu semua belum termasuk kekalahan dari Floyd Mayweather Jr. dengan technical knock out (TKO) di ring tinju, Agustus 2017. Semakin buruk saja kiprah McGregor di pengujung kariernya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan