kumparan
17 Mar 2017 16:57 WIB

5 Dampak Negatif Mengonsumsi Pisang Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan pisang berujung bahaya (Foto: Thinkstock)
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Ungkapan ini benar adanya dan berlaku untuk segala hal, termasuk dalam mengonsumsi pisang.
ADVERTISEMENT
Buah berwarna kuning yang telah termahsyur kekayaan manfaatnya ini digemari oleh hampir seluruh orang di dunia. Rasanya hampir tak ada orang yang mengatakan bahwa pisang memiliki dampak buruk bagi tubuh.
Tapi, tunggu dulu. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dan sewajarnya, pisang memang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Mulai dari mengurangi gejala mual, memerangi depresi, hingga menetralkan kadar gula darah.
Namun jika dikonsumsi berlebihan, buah manis kaya manfaat ini justru bisa berubah jadi makanan mematikan. Lantas, berapa pisang yang boleh kamu konsumsi dalam satu hari?
Memang tak ada jawaban pasti mengenai hal ini, namun para ahli gizi mengatakan bahwa kamu seharusnya mengonsumsi tak lebih dari dua pisang dalam sehari. Mengapa?
ADVERTISEMENT
Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan asam amino yang bisa menimbulkan rasa pusing dan jantung berdebar-debar jika dikonsumsi terlalu banyak. Terlalu banyak potassium dan vitamin B6 yang masuk bersamaan dalam tubuh bisa menyebabkan efek serupa.
Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan asupan 3,500mg kalium setiap hari, dan bisa terpenuhi dengan mengonsumsi 7 pisang dalam satu hari. Namun mengonsumsi pisang dalam jumlah cukup banyak ini setiap hari tentunya tak disarankan demi kesehatan dan keseimbangan nutrisi tubuh kamu, terutama yang memiliki penyakit ginjal.
Dua pisang sehari sesungguhnya sudah mampu memberikan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh orang rata-rata. Kira-kira, dampak negatif apa saja yang bisa ditimbulkan pisang jika dikonsumsi terlalu banyak?
ADVERTISEMENT
Simak ulasan berikut ini, yuk. 1. Mengantuk Pisang mengandung tryptophan yang bisa membuat kamu merasa mengantuk. Kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa menghalangi kandungan asam amino memasuki otak kamu. Hal ini akan memicu peningkatan produksi hormon serotonin yang biasa membuat kamu mengantuk. Magnesium yang ada pada pisang juga dikenal bisa merilekskan otot tubuh. Bisa dibayangkan, tubuh kamu akan jadi super mengantuk jika makan pisang dalam jumlah yang banyak.
2. Hormon Tak Seimbang Keseimbangan hormon yang ada dalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh xeniobiotik yang ada dalam pisang. Dalam hal ini, yang terpengaruh adalah hormon estrogen perempuan dan androgen pada pria. Terlalu banyak mengonsumsi pisang bisa mengacaukan keseimbangan kedua hormon ini, dan dampak negatif tersebut bisa dirasakan langsung oleh perempuan dengan kacaunya siklus haid dan rasa lelah yang berlebihan.
ADVERTISEMENT
3. Kadar Gula Darah Penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi pisang, karena mengandun gula alami bernama glukosa. Jika kamu mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak, tentunya bisa memicu naiknya kandungan gula dalam darah. Bahkan, gigi kamu juga bisa merasakan dampak negatif dari gula yang terkandung dalam pisang, lho. Enamel pada gigi bisa rusak.
4. Hyperkalemia Pisang terkenal karena memiliki kandungan kalium dan potasium. Kalium penting bagi tubuh kamu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, namun jika berlebihan tentu saja akan memberi dampak negatif. Hal ini bisa menuntun kamu pada kondisi hyperkalemia.
Hyperkalemia merupakan kondisi dimana detak jantung kamu jadi tak beraturan, lumpuh sementara, otot lemas, dan tekanan darah yang rendah. Bahkan dalam kondisi yang parah bisa berujung pada gagal jantung!
ADVERTISEMENT
5. Kerusakan Saraf Percaya atau tidak, kebanyakan mengonsumsi pisang juga bisa berujung pada kerusakan saraf, lho. Ini biasa terjadi pada kamu yang mengonsumsi pisang sebagai makanan harian untuk diet. Hal ini dikarenakan kandungan B6 yang ada pada pisang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan