Pencarian populer
Woman

5 Kebiasaan yang Bisa Buat Anda Selalu Tampak Awet Muda

Ilustrasi Perempuan (Foto: Thinkstock)

Dalam menjaga sebuah penampilan, baik itu wajah atau pun tubuh, memang terdapat banyak aspek yang harus Anda jaga. Mulai dari makanan, rutinitas olahraga, cukup atau tidaknya istirahat, hingga pikiran yang positif.

Semua aspek tersebut menjadi ‘satu paket’ untuk hidup yang sehat, muda, dan bahagia. Jadi Anda tak bisa serta merta berusaha untuk terlihat awet muda, namun malah mengabaikan beberapa poin tersebut.

Dilansir Health, berikut lima kebiasaan yang harus Anda aplikasikan untuk tampilan awet muda meski usia bertambah:

1. Perhatikan apa yang Anda makan

ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat (Foto: dok.Thinkstock)

Nutrisi memainkan peran penting dalam bagaimana tubuh Anda akan menua.

“Riset terakhir menemukan bahwa mengkonsumsi banyak buah-buahan segar, sayuran, gandum, dan protein tanpa lemak adalah makanan yang paling sehat,” kata dr. Jeffrey Benabio, seorang Physician Director dari Healthcare Transformation asal Amerika Serikat.

Ia menambahkan bahwa makanan yang kaya akan lemak omega-3, seperti, kacang-kacangan, salmon, biji-bijian, juga membantu kulit Anda untuk terlihat lebih muda.

Sedangkan makanan yang mengandung banyak gula buatan, karbohidrat yang berat, dan makanan penuh lemak, dapat mempercepat proses penuaan.

2. Berolahraga dengan rutin

Gerakan yoga warrior pose untuk mengecangkan payudara (Foto: Shutterstock)

Tetap aktif adalah hal yang penting agar Anda menua dengan baik. Menurut Fabio Comana, instruktur olahraga dari National Academy of Sports Medicine AS, rata-rata perempuan dapat kehilangan 23 persen masa ototnya saat berada di usia 30 sampai 70 tahun.

“Anda kehilangan otot dengan cepat seiring bertambahnya usia. Namun dengan berolahraga, hal tersebut dapat menambah masa dan kekuatan otot Anda,” tambahnya.

3. Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung

Lindungi kulit dari sinar matahari. (Foto: Thinkstock)

Semakin sering kulit Anda terkena paparan sinar matahari langsung, semakin rentan pula kulit Anda keriput, dan kemungkinan terparah penyakit kanker.

“Inilah faktanya: Setelah beberapa menit di bawah matahari, kulit Anda berhenti membentuk Vitamin D, dan justru mulai membuat sel kanker kulit,” jelas r. Jeffrey Benabio.

Namun, dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya, hal itu bisa memperlambat kulit Anda dari penuaan yang terlalu cepat.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bikin bahagia (Foto: Thinkstock)

Untuk orang dewasa, memiliki tidur normal sebanyak tujuh hingga sembilan jam adalah sebuah keharusan untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal.

Bahkan, dalam penjelasan National Sleep Foundation, kurang tidur dapat menyebabkan Anda obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Selama Anda tidur, tubuh mengeluarkan berbagai hormon pertumbuhan. Tubuh juga memperbaharui kolagen dan elastin, yang dapat membantu regenerasi kulit sehingga Anda bisa tampak awet muda dengan kulit yang sehat.

5. Selalu berpikaran positif

Ilustrasi perempuan bahagia (Foto: dok.Unspalsh)

Terakhir, setelah memperlakukan tubuh dengan baik, tentu kini saatnya Anda menjaga kesehatan pikiran. Karena bagaimana pun, diri Anda adalah cerminan dari apa yang Anda pikirkan terhadap penuaan itu sendiri.

Menurut The Journal of the American Medical Association, orang lanjut usia yang berpikir bahwa umur adalah suatu proses menuju kebijaksanaan dan kebahagiaan, 40 persen lebih memungkinkan untuk sembuh dari suatu disabilitas, dibandingkan dengan mereka yang melihat penuaan sebagai ketidakberdayaan atau ketidakgunaan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: