kumparan
16 Jul 2018 18:38 WIB

5 Label Fashion yang Hadirkan Koleksi untuk Penyandang Disabilitas

Tommy Hilfiger (Foto: dok.Twitter)
Bagi para penyandang disabilitas, menemukan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan mereka kerap menjadi tantangan tersendiri. Di industri fashion sendiri, belum banyak lini fashion yang mampu mengakomodir keperluan para penyandang disabilitas, terutama dalam pakaian yang didesain.
ADVERTISEMENT
Di Amerika Serikat, industri fashion dapat menghabiskan dana 250 miliar dolar AS per tahunnya. Tetapi sayangnya, hingga saat ini, sangat sedikit dana yang difokuskan untuk kebutuhan fashion penyandang disabilitas.
Namun rupanya, masih ada beberapa label fashion yang peduli kepada penyandang disabilitas. Mereka terus tubuh dan menghadirkan koleksi terbaru setiap tahunnya. Berikut lima di antaranya:
1. Tommy Hilfiger
Tommy Hilfiger (Foto: dok.Twitter)
Pada 2016, Tommy Hilfiger bermitra dengan Runway of Dreams, yakni sebuah lembaga nirlaba yang menciptakan pakaian khusus untuk penyandang disabilitas anak-anak. Kemudian kerja sama tersebut berkembang dan merambah ke segmen dewasa.
Melalui rangkaian koleksi Tommy Adaptive, Tommy Hilfiger meluncurkan pakaian yang ramah untuk penyandang disabilitas. Koleksi ini terdiri dari kemeja, celana, dress, dan jaket yang disertai dengan signature khas Tommy Hilfiger.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa modifikasi yang diciptakan untuk memudahkan para penyandang disabilitas saat memakainya. Seperti bagian hem tangan yang dapat dilepas pasang, tidak menggunakan resleting dan kancing tradisional melainkan resleting magnetik dan velcro, kemudian bukaan jahitan samping, bagian pinggang celana yang dapat dilepas pasang. Beberapa kaus pun dirancang dengan neckline yang mudah dibuka.
2. Zappos
Ritel fashion asal Amerika Serikat ini meluncurkan koleksi pakaian dan sepatu yang ramah untuk penyandang disabilitas pada 2017 lalu. Koleksi ini disebut dengan Zappos Adaptive yang memiliki ragam koleksi kaus, kemeja, jeans dan sepatu yang dimodifikasi untuk memudahkan para penyandang disabilitas. Misalnya saja, celana jeans yang dapat dibuka dari samping, resleting magnetik dan lain-lain.
3. Target
Target (Foto: dok.Target)
Pada awal Februari 2018, Target merilis rangkaian produk adaptif untuk segmen dewasa. Sebelumnya, akhir tahun lalu, Target merilis koleksi penyandang disabilitas untuk anak-anak.
ADVERTISEMENT
Produk yang dikeluarkan Target termasuk legging, bodysuit yang ramah diaper,outwear dengan lengan zipper dan denim dengan jahitan yang pipih dan bagian kaki yang lebar untuk memudahkan para penyandang disabilitas.
4. Marks & Spencer
M&S (Foto: dok.M&S)
Marks & Spencer meluncurkan koleksi pakaian untuk anak-anak penyandang disabilitas di 2016 lalu. Ini merupakan respon M&S terhadap permintaan pelanggan mereka untuk menyediakan pakaian tidur dan bodysuit untuk anaknya yang merupakan penyandang disabilitas.
Pelanggan bernama Zoe Hardcastle ini berjuang untuk mendapatkan pakaian yang layak bagi putranya, Caleb, yang berusia tiga tahun. Caleb yang tidak bisa bergerak banyak perlu mengenakan popok dan menggunakan tabung makanan setiap hari. Akhirnya, M&S meluncurkan koleksi adaptif yang diproduksi secara bertahap terdiri dari bodysuit, pakaian tidur dan vest.
ADVERTISEMENT
5. ASOS
Jumpsuit ASOS (Foto: Twitter/@chloe_ballhopzy)
Baru-baru ini , ASOS meluncurkan desain jumpsuit yang dirancang khusus untuk para pengguna kursi roda. Ide tersebut muncul setelah atlet paralimpik, Chloe Ball-Hopkins (seorang pengguna kursi roda), basah kuyup saat sedang menonton festival musik. Ia merasa kerap kesulitan menemukan pakaian yang sesuai untuk pengguna kursi roda. Hopkins pun mengirim e-mail ke ASOS untuk merancang produk yang diperuntukkan untuk pengguna kursi roda.
Bak gayung bersambut, ASOS menghadirkan sebuah jas hujan dengan motif tie-dye yang bisa dikenakan menjadi jumpsuit. Dibanderol dengan harga USD 64 atau setara dengan Rp 900 ribuan, jumpsuit ini terdiri dari saku tahan air (yang dapat bermanfaat untuk menyimpan ponsel Anda), atasan yang dilengkapi dengan jaket beresleting yang dapat dikenakan secara terpisah, dan ada manset yang dapat disesuaikan. Ini merupakan pakaian 3in1 yang pernah diciptakan ASOS. Waterproof, fashionable, dan praktis.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·