Pencarian populer

7 Jenis dan Fungsi Kuas Makeup yang Perlu Anda Ketahui

Jenis makeup brush (Foto: Dok. Istimewa)
Sebelum beauty blender muncul ke permukaan, kuas makeup jadi 'peralatan perang' andalan kaum hawa untuk berdandan. Mulai dari meratakan foundation, memulaskan bedak, membubuhkan blush on, hingga melakukan contour, semua bisa dilakukan menggunakan makeup brush.
ADVERTISEMENT
Kuas makeup disukai karena memberi hasil akhir yang lebih halus dan menempel. Selain itu, kuas makeup juga memudahkan Anda untuk mengaplikasikan riasan dengan higienis, tanpa perlu mengotori jari.
Dalam dunia makeup sendiri, tersedia banyak jenis kuas makeup dengan beragam fungsi. Namun sayangnya, belum semua orang memahami perbedaannya.
Untuk Anda yang masih awam soal kuas makeup, kumparanSTYE (kumparan.com) merangkum sederet informasi terkait kegunaan masing-masing kuas. Ini dia penjelasannya!
1. Foundation brush
Foundation brush (Foto: Dok. Shiseido & Fenty)
Kuas foundation biasa berbentuk pipih dengan bulu sangat rapat dan halus. Namun, ada beberapa merek kecantikan yang juga meluncurkan kuas foundation berujung datar.
Untuk hasil akhir foundation yang lebih merata dan flawless, sapukan kuas foundation mengikuti arah rambut wajah.
ADVERTISEMENT
2. Powder brush
Powder brush (Foto: Dok. Real Techniques & Zoeva)
Powder brush memiliki bulu yang padat dan mirip dengan foundation. Hanya saja, bulu luas memiliki ujung yang jauh lebih halus dan mengembang. Powder brush biasa digunakan untuk 'mengikat' foundation menggunakan bedak tabur.
3. Kabuki brush
Kabuki brush (Foto: Dok. Make Up For Ever & e.l.f)
Kabuki brush merupakan kuas makeup yang paling mudah untuk dikenali, karena berbentuk bundar. Kuas ini memiliki bulu yang mengembang atau melebar pada bagian ujungnya.
Yang menjadikan kabuki brush istimewa adalah sifat multifungsinya. Kabuki brush bisa digunakan untuk meratakan foundation bubuk, bedak, blush on, hingga highlighter. Intinya, kuas ini berguna untuk mengaplikasikan segala jenis kosmetik bubuk.
4. Angled blush brush
Angled blush brush (Foto: Dok. Armando Carusso & e.l.f)
Sesuai namanya, angled brush memiliki permukaan yang miring, meruncing pada salah satu sisi. Permukaan yang tak sejajar memudahkan Anda untuk mengaplikasikan blush on dan contour pada tulang pipi.
ADVERTISEMENT
5. Concealer brush
Concealer brush (Foto: Dok. Dior & Lancome)
Kalau kuas ini, cenderung berukuran kecil. Bulu-bulunya halus dan rapat, dan memiliki ujung melengkung. Saat menggunakan kuas ini, Anda hanya perlu menepuk lembut area yang ingin dicover.
6. Fan brush
Fan brush (Foto: FlaminGAL & Blank Canvas)
Fan brush memiliki bentuk pipih dan melebar bak kipas sungguhan. Fungsinya untuk mengaplikasikan highlighter pada tulang pipi atau rahang.
7. All-over eyeshadow brush
All over eyeshadow brush (Foto: Dok. Elizabeth Arden & Hourglass)
Sesuai namanya, kuas mungil ini dipakai untuk mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata Anda. Bulu halusnya dibentuk melengkung untuk memudahkan proses blending.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80