Pencarian populer

Alasan Kate Middleton dan Meghan Markle Genggam Tas di Tangan Kiri

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat mengunjungi Birkenhead, Inggris. (Foto: REUTERS/Charlotte Graham)

Sadarkah Anda bahwa Kate Middleton dan Meghan Markle tak pernah tampil di depan publik dengan tangan kosong?

Apapun outfitnya, tangan kiri sang Duchess selalu menggenggam sebuah handbag atau clutch. Posisi ini nyaris tak pernah berubah.

Ratu Elizabeth II pun demikian. Sang Ratu Inggris selalu menyampirkan tas Launer London yang jadi favoritnya sejak puluhan tahun lalu di tangan kiri.

Posisi tas ini hanya akan berpindah ke kanan saat Ratu merasa tak nyaman dan ia sedang menyampaikan kode rahasia kepada staf Kerajaan Inggris.

Michelle Obama saat bertemu dengan Ratu Elizabeth II pada 2009 silam. (Foto: AFP/JOHN STILLWELL)

Jika tas tangan Ratu berpindah ke tangan kanan, ini berarti Ratu Elizabeth ingin menyudahi pembicaraan dengan lawan bicaranya saat itu. Staf yang bertugas harus peka dan sigap mengeluarkan Ratu dari situasi tersebut.

Terlepas dari kode rahasia yang digunakan Ratu Elizabeth II, tahukah Anda bahwa posisi tas yang selalu berada di tangan kiri memang diatur oleh Kerajaan Inggris?

Posisi tas di tangan kiri merupakan etiket kerajaan yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Alasannya adalah untuk memudahkan anggota Kerajaan Inggris melambaikan tangan di muka publik atau menyapa orang lain saat memasuki ruangan.

“Ketika memasuki ruangan atau acara, handbag berada di tangan kiri agar tangan kanan tetap bebas untuk menyapa, menyambut, dan berjabat tangan. Pangeran Charles bahkan juga melakukan hal ini," terang Myka Meier, pakar kerajaan dari Beaumont Etiquette, seperti dikutip Town and Country Magazine.

Kate Middleton (Foto: John Thys/ AFP)

Begitu pula dengan Putri Diana semasa hidup. Ia selalu terlihat menggenggam clutch atau handbagnya menggunakan tangan kiri.

Meski terkesan sepele, nyatanya etiket yang satu ini sangat berguna bagi anggota Kerajaan Inggris, mengingat banyaknya tokoh penting dan warga yang harus mereka temui setiap hari. Posisi tangan kanan yang bebas memudahkan mereka untuk bersikap ramah dan membuat lawan bicaranya merasa nyaman.

Bagaimana pendapat Anda terkait hal ini? Apakah Anda juga memiliki kebiasaan menenteng tas di tangan kiri untuk memudahkan Anda bersosialisasi dalam sebuah acara?

Putri Diana (Foto: Dok. Princess Diana Forever)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: