kumparan
17 Mar 2019 16:21 WIB

Amal Clooney Akan Berikan Penghargaan untuk Perempuan Muda Inspiratif

Amal Clooney Foto: dok.Angela Weiss / AFP
Baru-baru ini Amal Clooney dikabarkan menghadiri undangan makan malam dari The Prince's Trust di Istana Buckingham, Inggris. The Prince's Trust merupakan badan amal asal Inggris yang didirikan oleh Pangeran Charles sejak 1976.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa alasan Clooney diundang dalam acara makan malam tersebut. Clooney diundang karena Yayasan Prince's Trust mengumumkan akan memberikan penghargaan kemanusiaan yang diberi nama 'Amal Clooney Award.'
Ini merupakan upaya Pangeran Charles untuk merekrut selebriti dunia dalam menciptakan kesadaran bersama dalam mengapresiasi tiap aktivis kemanusiaan yang memberi perubahan positif bagi komunitasnya.
Amal Clooney Award sendiri bertujuan untuk memberi penghargaan kepada perempuan muda inspiratif yang memberi perubahan positif pada lingkungannya. Hal ini selaras dengan berbagai kegiatan yang sudah dilakukan Yayasan Prince's Trust selama ini di bidang kemanusiaan.
Melansir Telegraph, penghargaan tersebut ditujukkan untuk perempuan berusia 11 hingga 30 yang memiliki andil dalam bidang pertanian yang berkelanjutan, proyek kemanusiaan di kamp-kamp pengungsian, dan aktivis yang bergerak di zona perang. Dikabarkan penghargaan ini akan diberikan mulai tahun 2020 mendatang dengan memberikan tanda jasa dan hadiah bagi para perempuan inspiratif terpilih langsung dari Amal Clooney.
ADVERTISEMENT
"Saya merasa terhormat telah diundang oleh Yayasan Prince's Trust International untuk turut berpartisipasi dalam inisiatif global guna merayakan pemberdayaan perempuan muda yang memiliki dampak positif bagi komunitas mereka," papar Clooney seperti yang dilansir dari Telegraph.
"Menjadi hal yang istimewa bagi saya untuk turut berperan dalam proyek penghargaan ini. Melalui inisiatif ini akan memicu lebih banyak lagi perempuan muda luar biasa yang kelak menjadi pemimpin masa depan dunia," lanjut dia.
Amal Clooney mengikuti jajaran selebriti lain seperti Dame Helen Mirren, Sir Michael Caine, Kylie Minogue, Benedict Cumberbatch, Joanna Lumley, Sir Ben Kingsley, Richard E Grant, Emma Bunton hingga Dame Diana Rigg yang menjadi duta selebriti untuk yayasan Prince's Trust.
Amal Clooney saat menghadiri acara UN Correspondents Award dengan penghargaan The Global Citizen of the Year. Foto: Instagram @saiapronta dan @j_mendel
Sosok Amal Clooney memang dinilai pantas untuk memberi sebuah penghargaan kemanusiaan. Dirinya dikenal sebagai perempuan yang sangat peduli terhadap isu sosial dan kemanusiaan. Malang-melintang di dunia hukum dan hak asasi manusia, perempuan kelahiran Beirut yang berprofesi sebagai pengacara hak asasi manusia ini telah mewakili klien seperti pemenang Nobel Peace Prize, Nadia Murad, dan pendiri WikiLeaks, Julian Assange.
ADVERTISEMENT
Bahkan dengan segala kerja keras yang telah ia lakukan, Amal Clooney pun diberikan penghargaan The Global Citizen of the Year Award yakni penghargaan tertinggi yang diberikan untuk seseorang yang bekerja untuk permasalahan dan isu-isu dunia dari PBB tahunan yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat, pada Rabu (5/12) 2018 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan