kumparan
24 Apr 2018 12:05 WIB

Bahaya Memakai Masker Terlalu Lama pada Wajah

masker wajah (Foto: dok.thinkstock)
Memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik kerap kali menjadi dambaan tiap perempuan. Alhasil berbagai rangkaian perawatan dan pemakaian produk kecantikan pun diaplikasikan ke wajah.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah masker wajah. Perawatan yang satu ini dipilih sebagian besar perempuan karena kepraktisannya. Namun, alih-alih ingin mendapatkan kulit yang sehat dan mulus kadang pemakaian masker pun sembarangan.
Salah satunya adalah dengan terlalu lama memakai masker, terlebih lagi membiarkannya semalaman saat Anda tidur. Namun, lain halnya jika Anda menggunakan sleeping mask yang memang dirancang untuk dipakai semalaman.
Masker wajah pengganti krim malam (Foto: Thinkstock)
Yang menjadi masalah jika Anda menggunakan masker biasa dalam jangka waktu lama yang semestinya cukup diaplikasikan ke wajah 10 hingga 15 menit saja.
Kebiasaan membiarkan masker wajah selama berjam-jam, sejatinya buruk bagi kesehatan kulit wajah.
"Masker biasanya mengandung zat iritan seperti asam glikolat, ini dapat menyebabkan dermatitis pada kulit," ujar Dr. Daron Seukeran seperti dikutip dari Metro.
ADVERTISEMENT
Zat yang mengiritasi kulit tersebut jika dibiarkan terlalu lama di kulit dapat menyebabkan kemerahan, gatal dan kekeringan pada kulit.
Penggunaan masker yang didiamkan hingga masker mengering selama berjam-jam, akan membuat air yang ada di dalam wajah terangkat sehingga membuat kulit menjadi lebih kering lagi.
Ilustrasi kulit kering. (Foto: Thinkstock)
Dan penting untuk diingat, batas maksimal menggunakan masker wajah biasa adalah 30 menit. Jika lebih dari itu, manfaat dari masker malah tidak terserap dengan baik oleh kulit.
Selain itu pastikan juga sebelum mengaplikasikan masker, wajah Anda harus dalam keadaan bersih yang terbebas dari sisa-sisa makeup dan debu kotoran yang menyumbat pori-pori. Jangan sampai, tujuan untuk mendapatkan kulit yang cantik dan lembab malah menjadikan kulit Anda kering.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·