kumparan
16 Nov 2018 11:03 WIB

Bedak Bayi, Rahasia Banyak Perempuan Atasi Rambut Lepek

Mengusap rambut (Foto: Thinkstock)
Setiap perempuan pasti pernah mengalami bad hair day, di mana rambut menjadi lepek dan susah diatur. Berbagai trik pun dilakukan untuk mengatasi bad hair day ini, dan salah satu tips paling populer untuk mengatasi rambut lepek adalah dengan menaburkan bedak bayi pada rambut.
ADVERTISEMENT
Bedak bayi memang tidak memiliki fungsi khusus untuk dapat mengatasi rambut lepek, namun sebagian besar perempuan percaya bahwa bedak bayi dapat berfungsi sebagai dry shampoo.
Cara pemakaiannya, taburkan bedak bayi di bagian kulit kepala dan usapkan hingga merata ke seluruh bagian rambut. Langkah tersebut terbukti dapat menyerap minyak rambut dan membuat rambut lebih mengembang.
Seorang YouTuber asal Amerika Serikat, Bri, membuat video tentang cara memakai bedak bayi untuk membuat rambut tidak lepek. Video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 1.2 juta orang dan 9 ribuan likes. Di kolom komentar, terdapat ribuan perempuan yang setuju dengannya jika bedak bayi mampu mengurangi minyak pada rambut.
Dalam video tersebut, ia memberikan cara pengaplikasian bedak bayi pada rambut. Bri mengatakan bahwa bedak bayi benar-benar dapat menyerap minyak berlebih pada rambut. Namun ia mengingatkan penontonnya jika bedak bayi tidak dapat membersihkan rambut, jadi Anda harus tetap mencuci rambut.
ADVERTISEMENT
Video
Jika membandingkan antara bedak bayi dan dry shampoo untuk mengatasi rambut lepek, bedak bayi dinilai lebih efektif. Karena terlalu banyak menggunakan dry shampoo dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan rambut menjadi lebih kasar.
Namun beberapa waktu lalu terdapat kasus tentang bedak bayi yang dapat mengakibatkan kanker ovarium. Seorang perempuan di California meninggal akibat kanker ovarium karena menggunakan bedak bayi untuk menjaga kebersihan organ kewanitaannya.
Kasus tersebut sempat menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian besar perempuan. Apakah bedak bayi aman digunakan sebagai salah satu produk kecantikan?
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Program Toksikologi Nasional AS mempertanyakan hubungan antara talc (bahan yang terdapat pada bedak bayi) dan kanker diterbitkan pada tahun 1993.
Penelitian tersebut menemukan bahwa talc yang digunakan untuk bahan kosmetik mengandung serat seperti asbes yang tidak berkorelasi dengan pembentukan tumor pada tikus selama dilakukan pengujian pada hewan. Selain itu, The Cosmetic Ingredient Review Expert Panel juga menyatakan bahwa talc aman digunakan untuk bahan kosmetik. Dan penelitian di tahun 1971 menyatakan bahwa partikel talc ditemukan pada 75 persen kasus kanker ovarium.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, disarankan saat menggunakan bedak bayi pada rambut, jangan sampai bubuknya terhirup dan masuk ke dalam rongga pernapasan untuk mencegah timbulnya permasalahan di kemudian hari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·