Pencarian populer

Berapa Lama Santan Boleh Disimpan di Dalam Kulkas?

Santan hanya bisa disimpan selama tiga hari. (Foto: Thinkstock)

Bagi para ibu rumah tangga, menyimpan makanan sisa di dalam kulkas menjadi solusi termudah dalam memanfaatkan bahan makanan untuk dimasak kembali. Meskipun cara ini dianggap praktis, kebanyakan dari mereka seringkali tidak mengetahui masa simpan dari makanan yang mereka awetkan di dalam lemari pendingin tersebut.

Terutama untuk makanan yang mudah basi, masa simpannya bahkan tak sampai lebih dari tiga hari. Contohnya saja santan yang hanya bisa bertahan tiga hari di dalam lemari pendingin.

"Santan kan cepat basi, jadi sebaiknya cari santan yang fresh lalu gunakan maksimal tiga hari berturut-turut dengan catatan santan harus dimpan di dalam kulkas," ungkap celebrity chef Yuda Bustara saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Senayan City, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Santan Kelapa (Foto: Thinkstock)

Karena penyimpanan santan yang tak bisa bertahan lama, ia menyarankan agar menggunakan santan kemasan atau bahkan santan bubuk yang sudah beredar di pasaran.

"Sebenarnya sekarang sudah banyak produk santan kemasan, termasuk santan bubuk yang bisa digunakan sebagai pengganti santan cair. Tapi meski begitu, masyarakat tetap lebih memilih santan yang fresh karena rasanya yang lebih gurih, " paparnya lagi.

Bagi yang ingin menggunakan santan kemasan, chef Yuda mengungkapkan bahwa produk santan kemasan bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan santan cair segar. Sebelum kemasan dibuka, santan kemasan bisa bertahan selama sebulan lamanya sedangkan jika kemasan sudah dibuka masa simpannya hanya bisa bertahan tiga sampai seminggu di dalam lemari pendingin.

Santan Kelapa (Foto: Thinkstock)

Kandungan pengawet yang digunakan pada santan kemasan menjadi alasan kenapa santan kemasan bisa bertahan lebih lama.

Lebih lanjut, chef Yuda menjelaskan jika semua masakan yang dimasak dengan menggunakan santan ataupun susu hanya bisa disajikan dalam waktu satu hari saja. Tapi, jika ingin diawetkan dengan cara disimpan di dalam kulkas sebelum masakan tersebut terlampau basi, chef Yuda menyarankan untuk tidak memanaskan suatu hidangan di atas 100 derajat celcius.

"Dipanaskan kembali boleh saja, tapi hanya boleh dipanaskan tidak lebih dari 100 derajat celcius karena akan merusak warna, rasa dan bahkan gizi dari makanan tersebut," pungkasnya mengakhiri perbincangan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57