Pencarian populer
Bisakah Melembapkan Kulit Wajah tanpa Menggunakan Pelembap?
Ilustrasi wanita sedang berkaca (Foto: dok. Thinkstock)
Seberapa rajin Anda menggunakan pelembap dalam rutinitas perawatan kecantikan setiap hari?
Rupanya, menurut survei yang dilakukan oleh situs riset online Statista, lebih dari 13 juta orang di Amerika Serikat mengaku tidak pernah menggunakan pelembap selama seminggu berturut-turut. 60 juta orang lainnya mengaku bahwa mereka menggunakannya setiap hari dan 24 juta orang di antaranya rajin menggunakan pelembap dua kali sehari.
Salah satu alasan mereka enggan menggunakan pelembap adalah terlalu malas merawat wajah dan tekstur pelembap terlalu lengket atau membuat wajah menjadi berminyak. Beberapa di antara mereka justru mengaku wajahnya menjadi jerawatan jika menggunakan pelembap.
"Bisakah saya melembapkan wajah tanpa menggunakan pelembap?" kemudian menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam laman pencarian Google. Orang-orang ingin wajahnya tetap lembap tetapi tak ingin menggunakan pelembap atau moisturizer.
Ilustrasi wajah perempuan (Foto: dok.Thinkstock)
Lalu sebenarnya bisakah melembapkan wajah tanpa harus menggunakan pelembap?
Jika wajah menjadi berminyak adalah salah satu alasan Anda enggan menggunakan pelembap, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan minyak wajah atau face oil. Minyak adalah 'pahlawan' sejati untuk membuat kulit Anda tetap terhidrasi. Sekarang ini, mulai banyak face oil yang kandungannya ringan, mudah diserap kulit dan tidak menimbulkan komedo.
"Kunci utamanya adalah menggunakan pelembap yang mengandung minyak alami. Misalnya shea butter yang memberikan kelembapan lebih lama, terutama untuk pemilik kulit kering, sensitif, dan alergi," tutur Kristina Goldenberg, MD, seperti dikutip dari Byrdie.
Hal ini juga disetujui oleh Paul Jarrod Frank, MD. Menurutnya, minyak alami lebih bagus dari krim pelembap. "Lotion atau krim mampu menyerap lebih cepat tetapi tidak terlalu melembapkan seperti minyak," ujar Paul.
Face oil bekerja dengan cara memperbaiki pembatas lipid pada lapisan kulit paling atas dengan cara mengunci kelembapannya. Berbeda dengan pelembap bertekstur gel dan serum berbahan dasar air yang akan menguap dan justru membuat kulit kering.
Sayangnya, face oil tidak cocok digunakan untuk mereka yang memiliki masalah jerawat. Menurut ahli kecantikan estetika Renée Rouleau, minyak justru berfungsi sebagai tempat berkembang biak bakteri yang menyebabkan jerawat muncul lebih banyak.
Serum Estee Lauder Advance Night Repair. (Foto: Dok. Estee Lauder)
Untuk pilihan yang lebih ringan, dermatolog langganan selebirti Hollywood, Joanna Vargas, mengatakan bahwa serum mampu bekerja efektif untuk melembapkan kulit jika dicampur dengan face oil.
"Serum sangat bagus untuk hidrasi jika mengandung lemak baik seperti argan, alpukat, atau minyak zaitun. Minyak memberikan asam lemak omega-3 untuk menjaga lapisan lipid lebih lembap sekaligus bekerja sebagai anti inflamasi dan merangsang pertumbuhan kolagen," ungkap Joanna.
Selain menggunakan serum dan face oil, Anda juga bisa menggunakan mask sheet untuk menutrisi kulit. Sheet mask bisa digunakan untuk mereka pemilik wajah berjerawat karena tidak mengandung minyak di dalamnya.
Sheet Mask dari Leaders Cosmetics. (Foto: dok. Leaders Cosmetics)
"Saya suka menggunakan sheet mask malam hari sebelum tidur dan selalu menggunakannya di pesawat. Sheet mask tersebut bisa saya pakai untuk wajah, leher, dan dada," lanjut Joanna lagi.
Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah alami yang melembapkan. Gunakan bahan-bahan seperti minyak kelapa, alpukat dan madu. Campurkan pula sedikit kunyit jika Anda menginginkan efek anti-aging pada kulit.
Ilustrasi minyak kelapa (Foto: Thinkstock)
Namun, jika Anda hanya ingin melembapkan wajah dengan satu bahan alami saja, dr. Goldenberg menyarankan untuk menggunakan madu alami. "Madu paling serbaguna, memberikan kelembapan dan mempunyai sifat antibakteri, bagus untuk kulit jerawat, punya antioksidan yang mengatasi penuaan dini," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: